Selasa, 21 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Prodi Pend. Biologi PPs UNIMED Gelar Sixth Psotgraduate Biology EXPO dan Seminar Nasional VII Biologi

Prodi Pend. Biologi PPs UNIMED Gelar Sixth Psotgraduate Biology EXPO dan Seminar Nasional VII Biologi

Program Studi Pendidikan Biologi PPs Universitas Negeri Medan menggelar kegiatan Sixth Psotgraduate Biology EXPO 2021 dan Seminar Nasional VII Biologi dan Pembelajaranya. Kegiatan ini digelar tgl 27 – 30 oktober 2021. Dengan Tema “ Inovasi pembelajaran penetitian dan pengabdian biologi berbasis digital dalam revolusi industri 4.0 di era new normal pandemic covid19 ” yang diadakan secara virtual dengan menggunakan Aplikasi Zoom Meeting . pada Kamis (27/10).

Pada Seminar ini mengundang 3 orang narasumber yang ahli dan berpengalaman yaitu: Prof. Dr. Fauziyah Harahap, M.Si (Dekan FMIPA Unimed), Dr. Sriadhi, ST., M.Pd., M.Kom., Ph.D. ( Doden S2 Prodi Teknik Pascasarjana Unimed), Prof. Dr. Tualar Simarmata, Ir., M.S., (Bioteknology Universitas Padjadjaran)

Acara seminar ini dibuka oleh Dr. Ashar Hasairin, M.Si Kaprodi S2 Pend.Biologi dan dihadiri Wakil Rektor II Prof. Dr. Martina Restuati, M.Si., juga diikuti 50 pemakalah dan 50 peserta yang terdiri dari dosen, guru, mahasiswa dan masyarakat luas.

Ketika membuka acara Dr. Ashar Hasairin, M.Si menyampaikan Kegiatan seminar ini merupakan kegiatan yang sangat penting karena dapat langsung mengembangkan wawasan , keterampilan dan sikap dalam menjalankan profesi, juga merupakan suatu wahana tempat berkumpulnya para ilmuwan – ilmuwan biologi dan pendidikan biologi sehingga dapat menggali berdiskusi lebih jauh tentang bilologi dan pembelajaranya yang dapat diaplikasikan dalam tugas keseharian. Pembelajaran biologi sangat berperan penting dalam menciptakan generasi yang unggul, generasi yang mampu mengaplikasikan biologi ke dalam bentuk dunia nyata. Sumber daya manusia yang memiliki kualitas tinggi sangat berpengaruh terhadap kemajuan bangsa Indonesia.

Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan peran ilmu biologi dan pembelajaran biologi dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia menghadapi revolusi 4.0. ,Mengkomunikasikan dan mendiskusikan hasil – hasil penelitian terkait biologi dengan sesama peneliti dan pendidik maupun kepada pemangku kepentingan lainya serta memfasilitasi komunkasi, diskusi, dan pelatihan terkait permasalahan peluang dan kemajuan actual biologi dan pembelajaran biologi dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0

Dalam paparannya Prof. Dr. Fauziyah Harahap, M.Si mengatakan Peran pendidikan menghadapi Era RI 4.0 . Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat , bangsa dan negara. Pendidikan nasional adalah pendidikan yang berdasarkan Pancasila dan Undang –Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang berakar pada nilai – nilai agama, kebudayaan nasional Indonesia dan tanggap terhadap tuntutan perubahan zaman. (Humas Unimed/ms)