Jumat, 17 Mei 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

Pengaruh Perubahan Iklim terhadap Kehidupan di Bumi

Pengaruh Perubahan Iklim terhadap Kehidupan di Bumi

Perubahan iklim merupakan perubahan penting dalam iklim yang mana dimulai dari 10 hingga jutaan tahun. Pasalnya, semakin tingginya suhu menjadikan pola cuaca berubah serta dapat mempengaruhi keseimbangan alam. Dari kondisi inilah bisa menimbulkan risiko terhadap seluruh makhluk hidup yang berada di Bumi.

Lalu, apa pengaruh perubahan iklim terhadap kehidupan di Bumi? Marilah kita simak pengaruh perubahan iklim melalui ulasan berikut ini.

1. Suhu Bumi akan Semakin Meningkat

Adanya perubahan iklim, hal ini menjadikan gas rumah kaca semakin meningkat. Kondisi tersebut apabila terjadi terus menerus, maka suhu pada permukaan bumi akan mengalami peningkatan. Berdasarkan data yang ditunjukan oleh NASA (National Aeronautics and Space Administration), kini suhu pada permukaan bumi mengalami peningkatan yang mana cukup berbeda jauh dengan suhu di tahun tahun 1980 an.

Selain itu, NASA juga menambahkan bahwa pada 10 tahun terakhir ini, suhu permukaan bumi pernah meningkat sebesar 1,02 derajat celcius. NASA beranggapan bahwa penyebabnya berasal dari aktivitas manusia yaitu semakin tingginya polusi CO2 serta gas rumah kaca yang masuk ke dalam atmosfer bumi.

Dari peristiwa tersebut menimbulkan beberapa masalah untuk lingkungan seperti naiknya permukaan air laut, berubahnya pola migrasi hewan hingga kebakaran hutan.

2. Menimbulkan Kekeringan

Selain suhu bumi meningkat, adanya perubahan iklim juga mempengaruhi ketersediaan air yang bisa menimbulkan kekeringan di suatu kawasan. Sementara pemanasan global dapat menambah kekeringan di kawasan tersebut yang sebelumnya ketersediaan air sudah menipis.

Hal ini berakibat munculnya kerugian terutama bagi para petani. Pada dasarnya, bidang pertanian sangat memerlukan ketersediaan air supaya usahanya dapat berjalan dengan baik. Selain petani, kekeringan juga bisa menimbulkan badai debu dan pasir yang tentunya bisa mengalihkan pasir sampai ke benua lainnya.

3. Menimbulkan Suhu dan Volume Laut Meningkat

Pengaruh selanjutnya yaitu naiknya suhu dan volume laut. Hal ini sudah diketahui beberapa tahun yang lalu, suhu laut semakin tinggi bahkan hampir semua kedalaman laut. Ketika suhu tersebut semakin tinggi, maka volume air akan semakin tinggi pula, sebab air tersebut mengalami adanya pemuaian.

Naiknya bole air laut juga bisa dipengaruhi oleh adanya proses pencairan lapisan es. Maka dari itu, naiknya volume air laut ini dapat memberikan resiko terhadap komunitas pulau dan pesisir. 

Selain itu, ketika perubahan iklim ini terjadi, emisi CO2 mengalami peningkatan. Hal ini berarti semakin banyak CO2 yang terserap oleh lautan, maka dapat mengancam kehidupan hewan laut maupun terumbu karang.

4. Menimbulkan Kepunahan Terhadap Fauna dan Flora

Timbulnya kepunahan terhadap fauna dan flora juga menjadi salah satu perubahan iklim. Sebagai contoh, jika di suatu kawasan terdapat cuaca yang begitu ekstrim, tentu dapat menimbulkan kepunahan terhadap fauna dan flora yang sedang berada dikawasan tersebut. Pada dasarnya, banyak dari mereka yang kesulitan beradaptasi ketika perubahan cuaca ini terjadi.

5. Mempengaruhi Sumber Makanan

Adanya perubahan iklim, hal tersebut dapat mempengaruhi sumber makanan. Bagaimana tidak, perubahan tersebut sangat mengganggu sektor peternakan, pertanian serta perikanan. Pasalnya, ketiganya menjadi sulit untuk produktif karena adanya perubahan tersebut.

6. Beresiko Terhadap Kesehatan

Pengaruh selanjutnya yaitu menghadirkan resiko terhadap kesehatan terutama manusia. Pengaruh iklim tersebut bisa ditimbulkan oleh polusi udara yang tinggi, cuaca ekstrim maupun yang lainnya. Sedangkan, jika kemarau berjangka panjang muncul, hal ini akan menimbulkan jamur, parasit, virus dan bakteri semakin cepat berkembang.

Keempatnya itu dapat berkembang karena adanya kelembaban udara ketika musim kemarau terjadi. Inilah alasan mengapa perubahan iklim beresiko terhadap kesehatan, sebab seseorang sudah dikelilingi olehnya. Proses terjadinya penyakit bisa melalui air, udara maupun benda-benda di sekelilingnya.

7. Menimbulkan Badai Destruktif

Pengaruh lainnya yaitu menimbulkan badai destruktif menjadi semakin kuat serta semakin sering terjadi di berbagai wilayah. Hal ini awalnya karena suhu semakin meningkat yang menyebabkan suhu air akan terus menguap. Kondisi inilah yang dapat menimbulkan curah hujan yang tinggi yang menjadikan hadirnya badai destruktif.

Demikianlah beberapa pengaruh perubahan iklim terhadap kehidupan di Bumi. Sebenarnya dapat kita cegah dengan cara menjaga kelestarian di sekitar dan mengurangi aktivitas yang dapat mempengaruhi perubahan iklim.