Sabtu, 27 April 2024
Perguruan Tinggi

Prodi BSA Ikuti Pelatihan Bahasa Arab Internasional ICESCO

Prodi BSA Ikuti Pelatihan Bahasa Arab Internasional ICESCO

Prodi BSA Universitas Ahmad Dahlan (UAD) ikuti pelatihan bahasa Arab internasional oleh ICESCO (Foto: Istimewa)

Bertempat di Ruang Laboratorium Fakultas Agama Islam, Gedung Laboratorium, Kampus IV Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Program Studi Bahasa dan Sastra Arab (Prodi BSA) berpartisipasi dalam pelatihan bahasa Arab internasional yang diselenggarakan oleh Islamic World Educational, Scientific, and Cultural Organization (ICESCO), Maroko.

ICESCO merupakan organisasi nirlaba internasional yang berasal dari Organisasi Kerja Sama Islam (Organization of Islamic Cooperation), yang mengkhususkan diri dalam bidang pendidikan, ilmu pengetahuan, dan budaya. Organisasi ini mendirikan beberapa pusat, kantor, atau lembaga yang berada di bawah pengawasannya di negara lain.

Pelatihan yang berlangsung pada Kamis, 26 Januari 2023 itu bukanlah yang pertama kalinya diikuti Prodi BSA UAD, tetapi sudah keempat. Sejak Oktober 2022 lalu kegiatan yang dilaksanakan secara virtual melalui platform Zoom Meeting tersebut sudah dimulai dan akan berakhir pada Juni mendatang.

Peserta yang hadir berasal dari berbagai negara di belahan dunia, di antaranya Malaysia, Uzbekistan, Rusia, dan Vietnam. Sementara itu, Prodi BSA UAD menjadi satu-satunya perwakilan dari Indonesia. Turut hadir juga dalam pelatihan ini Wakil Dekan Fakultas Agama Islam UAD Dr. Yoyo, S.S., M.A., Ketua Prodi BSA UAD Ferawati, S.S., S.Psi., M.Hum., para dosen, mahasiswa, dan beberapa pengajar dari berbagai lembaga pendidikan di Yogyakarta.

Pelatihan keempat mengangkat tema “Pengajaran Kemahiran Berbahasa Reseptif: Menyimak dan Membaca”. Dr. Ridho Ar-Rajibi selaku narasumber menyampaikan arti penting dari kemahiran menyimak dan membaca dalam bahasa Arab. Kedua kemahiran ini ditunjang oleh 2 aspek penting, yaitu keterampilan mekanistik dan keterampilan mekanistik. Selain itu, ia memberikan berbagai contoh bentuk pembelajaran, penilaian, dan media yang dapat dimanfaatkan dalam mengajarkan kedua kemahiran berbahasa tersebut.

Pada akhir sesi, Dr. Ridho memberikan semangat bagi para peserta untuk menghadirkan pembelajaran bahasa Arab yang inovatif dan menyenangkan untuk bisa meningkatkan keterlibatan siswa dan membentuk suasana pembelajaran yang menyenangkan. (Syhd/Zah)

uad.ac.id