Jumat, 17 Mei 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

Bagaimana Cara Bumi Menjaga Suhu yang Stabil?

Bagaimana Cara Bumi Menjaga Suhu yang Stabil?

Tahukah Anda bahwa semakin hari suhu pada bumi semakin mengkhawatirkan, namun dengan adanya atmosfer pada bumi dapat membantu untuk menjaga suhu bumi agar tetap stabil. Atmosfer sendiri merupakan sebuah lapisan gas pada planet seperti bumi yang menyelimutinya.

Atmosfer menjadi pelindung bagi bumi, seperti melindungi bumi dari benda luar angkasa yang membahayakan, menjaga suhu bumi, memberikan keseimbangan pada bumi dan memiliki fungsi lain nya untuk bumi.

Nah, kali ini kami akan membahas bagaimana cara bumi menjaga suhunya agar tetap stabil? Apakah sudah tahu jawabannya? Jika belum mari kita simak bersama penjelasan singkat mengenai hal tersebut, berikut ini. 

Cara Atmosfer Menjaga Suhu Bumi

Ada banyak cara yang dilakukan atmosfer untuk menjaga suhu bumi tetap stabil, cara yang pertama atmosfer akan menjaganya dari sinar ultraviolet yang dapat membahayakan untuk makhluk hidup di bumi dengan menyerap radiasi tersebut pada lapisan ozon

Menjaga agar suhu pada bumi dalam keadaan stabil rata-rata seperti mengatur suhu pada efek rumah kaca, dan juga melindungi dari meteor yang mendekati bumi dengan cara membakar meteor tersebut dengan suhu dan gesekan.

Kemudian, pergerakan pada atmosfer jika dipengaruhi oleh faktor lain yaitu karena adanya perbedaan tekanan. Tekanan yang besar ditimbulkan karena adanya udara dingin yang berat, sehingga menjadi turun. Sedangkan untuk tekanan yang menurun karena adanya udara hangat yang naik.

Perlu Anda tahu bahwa atmosfer itu penting bagi bumi karena terdapat partikel mikroskopis yang terkumpul dan bergerak dengan konstan. Dikenal juga sebagai lapisan udara yang menyelimuti planet kita, seperti uap air, senyawa padat, dan gas.

Oleh karena itu atmosfer penting untuk menjaga dan memelihara kelangsungan hidup untuk penghuni bumi. Lapisan atmosfer yang penting bagi bumi adalah troposfer karena yang paling dekat dengan planet kita. 

Apabila ketinggiannya bertambah akan membuat suhu semakin rendah sekitar 40-60 derajat celcius, bahkan di juluki sabuk kehidupan karena memiliki tanggung jawab di atas 80% cokume atmosfer.

Tidak hanya itu, sirkulasi atmosfer juga disebabkan karena adanya perbedaan suhu dan tekanan yang diatur oleh sel perpindahan udara. Sirkulasi atmosfer sendiri merupakan pergerakan pada massa udara maupun udara.   

Kemudian bagaimana jika atmosfer itu tidak ada? Jadi, tanpa adanya atmosfer, kehidupan di bumi ini pasti tidak ada. Karena makhluk hidup memerlukan oksigen untuk bisa bernafas dan tumbuhan membutuhkan karbondioksida untuk melakukan fotosintesis.Maka, karena itu atmosfer menjadi hal terpenting dalam keberlangsungan kehidupan di bumi.

Inilah Cara Manusia Menjaga Suhu Bumi

Tidak hanya atmosfer saja yang dapat menjaga suhu bumi agar tetap stabil, Anda dan semua orang yang ada di bumi juga harus menjaganya. Lalu bagaimana caranya? Nah, caranya sendiri cukup mudah, seperti berikut : 

1. Jangan Naik Kendaraan Motor atau Mobil

Hal pertama yang perlu Anda lakukan dengan selalu jalan kaki atau naik sepeda jika bepergian ke lokasi yang cukup dekat. Perlu diketahui bahwa aktivitas seperti ini dapat membuat tubuh menjadi sehat, sekaligus sangat baik untuk lingkungan karena tidak menghasilkan karbon.

2. Kurangi Penggunaan Plastik

Mungkin Anda sudah tahu bahwa hampir semua produk makanan yang dijual menggunakan plastik sebagai pembungkusnya. Apalagi makanan diproduksi setiap hari, dan tentunya limbah plastik akan terus bertambah.

Penggunaan plastik yang berlebihan itu tidak baik untuk lingkungan karena tidak akan hancur. Maka kurangilah penggunaannya agar tidak merusak lingkungan. Beli makanan dari bungkus yang bisa didaur ulang saja, seperti dari kertas, atau daun agar bisa menjadi kompas juga untuk tanah.

3. Mematikan Listrik

Cara yang dapat dilakukan dengan memainkan semua aliran listrik yang sudah tidak digunakan, seperti, televisi, lampu, komputer dan lain nya. Hal sepele seperti ini ternyata membantu untuk menyelamatkan bumi loh. Karena apabila penggunaan listrik semakin tinggi, akan membuat tingginya gas karbon.

Nah, itulah penjelasan yang dapat kami berikan untuk Anda terkait bagaimana cara bumi menjaga suhu yang stabil. Anda juga harus membantu bumi agar tetap dalam kondisi aman, dengan tidak melakukan hal yang dapat mencemari lingkungan.