Jumat, 17 Mei 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

Bagaimana Cara untuk Menjadi Warga Negara yang Baik dan Bertanggung Jawab?

Bagaimana Cara untuk Menjadi Warga Negara yang Baik dan Bertanggung Jawab?

Dalam kehidupan bermasyarakat, sudah sepatutnya kita memperbaiki diri supaya lebih baik dan bertanggung jawab. Namun upaya memperbaiki diri, tentunya perlu melewati berbagai tahapan.

Sebenarnya caranya mudah untuk menjadi warga sedemikian rupa, selagi kita bersikap tidak bertentangan dengan norma dan bertoleransi. Namun faktanya, sebagian besar seseorang masih belum memahami betul mengenai hal tersebut. 

Lalu, bagaimana caranya untuk menjadi warga negara yang baik dan bertanggung jawab? Nah, cara yang perlu diterapkan yaitu sebagai berikut:

A. Cara untuk Menjadi Warga Negara yang Baik

1. Saling Membantu

Ketika melakukan pekerjaan, tentu akan lebih mudah diselesaikan jika dikerjakan secara bersama-sama, seperti memperbaiki jalan rusak, membangun jembatan dan masih banyak lagi. Nah, perilaku tersebut menjadi salah satu cara supaya seseorang dapat menjadi warga negara yang baik.

Jika hal ini sudah menjadi kebiasaan, tentunya akan menumbuhkan interaksi sosial dalam lingkungan masyarakat.

2. Menghargai Perbedaan

Disuatu kehidupan, tentunya tidak lepas dengan yang namanya perbedaan. Jika kita belum bisa menghargai perbedaan, kemungkinan besar akan menimbulkan masalah yang kemudian memecah-belah hubungan kita dengan anggota masyarakat.

Namun, jika kita mampu menghargai perbedaan, tentu tidak akan mendapatkan masalah, justru kita akan dihargai oleh mereka. Dengan begitu, hubungan antara Anda dengan setiap anggota masyarakat semakin melekat.

3. Menjunjung dan Menjaga HAM

HAM (Hak Asasi Manusia) adalah suatu hal yang perlu kita jaga dan junjung setinggi-tingginya. Hal ini dikarenakan menjunjung dan menjaga HAM dapat membentuk persatuan dan kesatuan. Salah satu aktivitas yang dapat menjunjung HAM yaitu dengan bersikap toleransi.

4. Menggunakan Bahasa yang Baik

Penggunaan bahasa juga tergolong penting untuk selalu diterapkan sebagai warga negara baik secara lisan maupun tertulis. Pada dasarnya, tingkat emosional setiap orang tidaklah sama.

Jadi, perlunya menjaga emosional mereka dengan cara selalu menggunakan bahasa yang baik. Tak hanya itu, penggunaan bahasa yang baik juga dapat dikatakan sebagai adab pada saat berbicara.

B. Cara untuk Menjadi Warga Negara yang Bertanggung Jawab

1. Patuh Terhadap Norma dan Aturan yang Berlaku

Dalam setiap negara tentu mempunyai aturan baik tertulis maupun tidak tertulis. Aturan tertulis dapat dilihat dari peraturan UUD yang mana setiap warga negara tidak diperbolehkan untuk melanggar. Sedangkan aturan yang tidak tertulis bisa berupa adab berbusana maupun tingkah laku.

Nah, dengan mematuhi segala norma dan aturan, hal ini akan menjadi pondasi yang kemudian membentuk seseorang yang bertanggung jawab. Pasalnya, tanggung jawab hanya bisa terbentuk jika kita mampu memahami diri kita sendiri, orang sekitar serta norma dan aturan yang berlaku.

2. Berpartisipasi Secara Aktif
  • Segi Politik

Partisipasi warga negara dari segi politik merupakan hal yang wajib dilakukan dalam suatu negara, khususnya negara demokrasi. Hal ini dikarenakan partisipasi politik merupakan kontekstualisasi demi membentuk pemerintahan yang bijaksana. 

Dari hal tersebut, akan berpengaruh kepada warga negaranya, yang mana kita akan berpartisipasi secara aktif, misalnya mengikuti pemilu. Nah dari sini kita dapat terlatih untuk bertanggung jawab terhadap hal yang perlu diikuti sebagai warga negara.

  • Segi Sosial

Partisipasi warga negara yang kedua yaitu dari segi sosial. Partisipasi dari segi sosial ini bisa dilakukan demi membentuk kondisi sosial yang baik. Apabila partisipasi sosialnya kecil, maka memungkinkan seseorang menjadi enggan untuk memberikan bantuan sesama warga negara.

Padahal, kita sudah sepatutnya bersifat tolong menolong untuk membangun tanggung jawab kepada orang lain.

  • Segi Lingkungan

Untuk partisipasi warga negara yang terakhir yaitu dari segi lingkungan. Partisipasi ini bisa berbentuk kesadaran diri untuk melindungi alam yang mana lingkungan akan menjadi warisan untuk generasi yang baru. Sudah sepatutnya kita memperhatikan lingkungan sekitar.

Untuk itu, kita sebagai warga negara perlu berpartisipasi demi mewujudkan lingkungan yang bersih. Awali dengan hal seperti tidak membuang sampah sembarangan atau menghindari hal yang yang dapat merugikan lingkungan sekitar

Dengan begitu, rasa tanggung jawab akan semakin tinggi.

Itulah cara untuk menjadi warga negara yang baik dan bertanggung jawab. Dapat disimpulkan bahwa warga negara yang baik dan bertanggung jawab akan terbentuk jika kita mampu untuk berinteraksi sesama warga negara, mampu mengendalikan diri dan patuh terhadap norma.