Jumat, 17 Mei 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

Mengenal Fungsi dan Struktur Organ-organ Makhluk Hidup

Mengenal Fungsi dan Struktur Organ-organ Makhluk Hidup

Sistem organ merupakan bagian yang menyusun tubuh manusia. Sistem organ pada manusia terdiri dari sekumpulan organ yang saling bekerja sama dan mendukung agar tubuh tetap berfungsi dengan baik. Pasalnya kesehatan pada tubuh manusia ditentukan oleh baik buruknya fungsi sistem organ tersebut.

Setiap organ mempunyai fungsi dan struktur yang khas dan berbeda-beda. Namun secara langsung maupun tidak langsung, masing-masing organ saling bergantung satu sama lain. Jika salah satu organ tidak berfungsi dengan baik, tentu akan berdampak pada organ tubuh yang lainnya.

Berbagai Struktur Organ Pada Manusia

Berdasarkan dengan fungsinya struktur organ pada manusia dapat dibagi menjadi beberapa bagian diantaranya sebagai berikut:

1. Sistem Indra

Sistem indera atau yang disebut juga dengan panca indra  pada manusia terdiri dari 5 indra, yang pertama yaitu mata yang berfungsi untuk melihat, hidung untuk mencium bau, telinga untuk mendengar, lidah untuk mengecap rasa, dan kulit sebagai indra peraba.

Selain berfungsi sebagai indra peraba, kulit juga dapat melindungi tubuh dari bahan kimia yang berbahaya, mengatur suhu tubuh, dan dapat menjaga tubuh agar tidak terlalu cepat kehilangan cairan.

2. Sistem Kardiovaskuler

Sistem ini terdiri dari jantung (kardio) dan pembuluh darah (vaskular). Sistem  kardiovaskular berfungsi sebagai penanggung jawab dan memastikan sirkulasi darah berjalan dengan lancar, dengan cara memompa dan mengalirkan darah ke seluruh bagian tubuh.

Darah sendiri merupakan sarana transportasi bagi oksigen nutrisi dan, zat penting lainnya  untuk diedarkan ke seluruh tubuh. Selain itu darah juga berfungsi untuk membawa zat beracun untuk dikeluarkan dari tubuh.

3. Sistem Pernapasan

Sistem pernapasan merupakan salah satu sistem organ yang memiliki peran penting bagi kelangsungan hidup manusia. Pasalnya sistem ini mempunyai fungsi untuk mengambil oksigen dari udara yang dihirup dan mengeluarkan karbondioksida sebagai sisa metabolisme dari dalam tubuh.

Sistem organ ini terdiri dari dua bagian yaitu, sistem pernapasan atas dan bawah. Untuk sistem pernapasan atas meliputi, rongga hidung, sinus, faring dan laring. Sedangkan sistem pernapasan bawah meliputi trakea, bronkus, diafragma, dan paru-paru.

4. Sistem Pencernaan

Sistem pencernaan berfungsi untuk memungkinkan tubuh untuk menerima makanan, lalu diolah menjadi nutrisi dan energi yang lebih mudah diserap oleh tubuh. Pada proses ini melibatkan sistem pencernaan yang terdiri dari mulut, kerongkongan, lambung, hati, pankreas, usus, dan terakhir anus. 

5. Sistem Reproduksi

Seperti yang Anda ketahui antara wanita dan pria memiliki sistem reproduksi yang berbeda. Sistem reproduksi pria mencakup semua yang digunakan selama hubungan seksual, seperti penis, testis, epididimis, dan vas deferens.

Sedangkan sistem reproduksi pada wanita mencakup semua organ yang diperlukan untuk  berhubungan seksual, kehamilan dan melahirkan. Organ tersebut meliputi vagina, rahim, ovarium, dan tuba falopi.

6. Sistem Urogenital

Sistem organ urogenital terdiri dari ginjal, saluran kemih, kandung kemih, dan uretra. 

Sistem ini berfungsi untuk menyaring racun, cairan, dan elektrolit yang berlebihan dari dalam darah. Kemudian, darah akan diserap kembali untuk diedarkan ke seluruh tubuh dan zat beracun yang telah disaring akan dikeluarkan melalui urine.

Selain itu sistem urogenital juga bermanfaat untuk mengatur jumlah elektrolit dan cairan tubuh, serta memastikan tingkat asam-basa atau pH darah dalam kondisi yang normal.

7. Sistem Saraf 

Sistem saraf terdiri dari semua sel saraf yang ada di tubuh, yaitu saraf sensorik dan saraf motorik. Sistem saraf berfungsi untuk membantu manusia merasakan, memahami, dan memberi respons terhadap lingkungan di sekitarnya. Selain itu, Sistem saraf juga berperan dalam gerak tubuh bersama dengan sistem muskuloskeletal.

8. Sistem Endokrin

Sistem endokrin terdiri dari hipotalamus di otak dan serangkaian kelenjar yang berfungsi  untuk menghasilkan hormon yang berperan dalam mengendalikan berbagai fungsi tubuh. Seperti pernapasan, metabolisme, reproduksi, pergerakan, pertumbuhan dan perkembangan seksual 

Bagian organ kelenjar tubuh yang termasuk sistem endokrin adalah kelenjar tiroid, kelenjar adrenal, pankreas, testis, dan ovarium.

9. Sistem Ekskresi

Sistem ini merupakan sistem organ pada manusia yang berfungsi untuk mengeluarkan zat sisa metabolisme dan zat-zat racun dalam tubuh yang terdiri dari kulit, hati, paru-paru, usus besar, dan ginjal.

10. Sistem Imunitas

Sistem imunitas atau bisa disebut juga dengan sistem kekebalan tubuh. Sistem ini meliputi sel-sel khusus, seperti sel darah putih dan limfosit, serta sistem limfatik yang terdiri dari limpa, hati, kelenjar timus, dan kelenjar getah bening.

Sistem ini berperan dalam mendeteksi keberadaan zat berbahaya atau beracun, sel kanker, serta berbagai penyebab infeksi. Kemudian sistem imunitas ini akan menghasilkan antibodi untuk menghancurkan zat atau sel berbahaya tersebut.

Setiap sistem organ yang ada pada tubuh manusia memiliki fungsi yang berbeda, tetapi tetap saling terkait dan saling mendukung satu sama lain. Oleh karena itu, menjaga sistem organ agar tetap berfungsi optimal sangatlah penting untuk 

Untuk menjaga kesehatan sistem organ tubuh, Anda dianjurkan untuk melakukan gaya hidup yang sehat dan melakukan pemeriksaan secara rutin ke dokter, terutama jika Anda mengalami penyakit tertentu.