Rabu, 24 April 2024
Sekolah Menengah Atas

GAYA HIDUP BERKELANJUTAN

GAYA HIDUP BERKELANJUTAN

Pada dasarnya gaya hidup berkelanjutan merupakan sebuah pola hidup yang berfokus pada penggunaan energi terbarukan. Pola hidup ini dapat memenuhi kebutuhan manusia tanpa mengubah sumber energi bagi generasi selanjutnya. Selain itu pola hidup berkelanjutan juga didefinisikan sebagai pola hidup yang dimiliki seseorang yang diekspresikan dalam aktivitas, minat, sikap, tingkah laku, pola pikir dan opininya baik tentang diri mereka sendiri serta dunia sekitarnya. Pada tema P5 gaya hidup berkelanjutan mengambil salah satu masalah yang sering terjadi di lingkungan sekitar sekolah, yaitu banyaknya sampah plastik, kardus, botol bekas air mineral dan lain sebagainya. Solusi yang kami coba dalam menangani masalah ini ialah dengan mengurangi sampah, dengan cara membuat barang-barang dari daur ulang. Dibawah ini contoh produk-produk yang sudah jadi hasil kerja dari siswa-siswi kami.

Sebelum membuat produk mereka merencanakan terlebih dahulu produk yang akan mereka buat. Ada produk kecil dan produk besar yang mereka buat. Selain merencanakan membuat produk, mereka juga Menyusun program mereka untuk menjalankan pola hidup berkelanjutan. Program mereka diantaranya mensosialisasikan pengehmatan air dikamar mandi, menjaga kebersihan kamar mandi, mematikan lampu, kipas diruang kelas setelah pulang sekolah dan masih banyak lagi. Mereka mensosialisasikan kepada kakak-kakak kelas mereka yaitu kelas XI-XII.

Gambar diatas adalah kegiatan siswa dalam proses membuat produk-produk kecil, mereka kompak dalam tim sehingga produk bisa diselesaikan tepat waktu.

Text Box: Gambar disamping adalah salah satu contoh produk kecil yang mereka buat. Produk tersebut adalah bunga yang terbuat dari sampah kresek. Sedangkan vas bunga terbuat dari botol air mineral bekas dan kardus sebagai alasnya.