Kamis, 02 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Diklat Kukerta Untuk Peningkatan Kapasitas Mahasiswa dalam Mencapai Desa Sehat

Diklat Kukerta Untuk Peningkatan Kapasitas Mahasiswa dalam Mencapai Desa Sehat

MENDALO,- Rektor Universitas Jambi, Prof. Drs. H. Sutrisno, M.Sc.,Ph.D., membuka kegiatan Diklat mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) semester genap tahun akademik 2022/2023 di Aula Gedung Rektorat Lantai III UNJA Mendalo, Selasa (14/3/23).

Dalam sambutannya Rektor berpesan kepada mahasiswa yang akan melaksanakan Kukerta untuk dapat menjaga nama baik pribadi dan almamater.

“Ketika sudah berada ditengah masyarakat, saya berharap mahasiswa dapat menjaga nama baik pribadi dan nama baik almamater, untuk itu berperilaku baik la, jaga ucapan dan tindakan, jaga etika dan tata krama sehingga hal-hal yang buruk tidak akan terjadi,” ujar Rektor.

Rektor juga mengatakan Kukuerta ini merupakan pengalaman nyata bagi mahasiswa hal yang perlu diperhatikan dalam Kukerta ini, mahasiswa untuk bisa menganalisa permasalahan ditengah masyarakat tersebut.

“Pada pelaksanaan Kukerta ini mahasiswa dituntut untuk dapat memberikan pola pikir serta analisa terhadap suatu permasalahan yang terjadi di desa tersebut, ilmu yang didapat ketika kuliah tatap muka dapat diimplementasikan pada permasalah yang ada di desa tersebut,” terang Rektor.

Ketua Lembaga penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM), Dr. Ade Octavia, S.E., M.M., mengatakan kegiatan Kukerta ini merupakan kegiatan rutin dari Pusat Pelaksana Kukerta LPPM UNJA.

“Yang berbeda itu tentunya dari tema yang diusung dalam pelaksanaan setiap kegiatan, seperti pada saat ini tema yang diusung adalah `Peningkatan Kapasitas Mahasiswa dalam menciptakan Desa Sehat` dan hasil dari inovasi mahasiswa akan dipublikasikan pada jurnal KKN,” ungkap Dr. Ade Octavia.

Dr. Ade Octavia juga berpesan kepada mahasiswa untuk bisa menjaga etika dan tata krama karena mahasiswa tidak hanya menjaga nama baik pribadi tetapi juga menjaga nama baik Universitas dan semua mahasiswa bisa berangkat dengan persiapan yang matang dan kembali dengan berbagai macam pengalaman yang berharga.

Ketua Pusat Pelaksana Kukerta LPPM UNJA, Ridhwan, S.Ag., ME., Sy., mengatakan tujuan pelaksanaan Diklat Kukerta ini adalah untuk membekalli calon peserta Kukerta dengan berbagai pengetahuan dan wawasan yang berkaitan dengan kegiatan pengabdian mahasiswa di Perguruan Tinggi sekalilgus sebagai seleksi akhir bagi calon peserta Kukuerta sebelum ditempatkan pada desa lokasi.

“Kegiatan ini diikuti 94 orang mahasiswa berasal dari Prodi Keperawatan, Prodi Ilmu Hukum, Prodi Ilmu Pemerintahan, Prodi Peternakan, Prodi Manajemen, Prodi Porkes dan Prodi Perikanan dan dilaksanakan selama 3 hari dari 14-16 Maret 2023,”tutur Ridhwan.

Selain itu ia mengatakan mahasiswa akan diberi materi oleh Wakil Rektor, Ketua LPPM, serta tim Pusat Pelaksana Kukerta Universitas Jambi.

Silvia Yuliansari Asril/HUMAS