Jumat, 05 Juli 2024
Sekolah Dasar

KARYA ECOPRINT KELAS 5A SDN SERAYU

KARYA ECOPRINT  KELAS 5A SDN SERAYU

SD Negeri Serayu Yogyakarta adalah salah satu sekolah adiwiyata mandiri yang telah dikukuhkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada Desember 2019 lalu. Beberapa program lingkungan terus digerakkan seperti penataan dan perawatan lingkungan sekolah, pengurangan sampah kertas dan plastik, konservasi air dan listrik, pembinaan dan penyegaran sekolah adiwiyata dari Dinas Lingkungan Hidup Kota dan Propinsi melalui webinar dan lain-lain.

Pembelajaran lingkungan hidup kepada siswa juga terus dilakukan walaupun dimasa pandemi. Bagaimana menjaga kebersihan di rumah, bagaimana turut berpatisipasi terhadap lingkungan biotik dengan memelihara dan merawat tanaman dan membuat poster.

Salah satu kegiatan pemanfaatan sumber daya alam khususnya keanekaragaman hayati yang dilaksanakan di kelas 5A adalah membuat ecoprint yang diaplikasikan pada beberapa benda pakai seperti baju, tas, alas meja dan hijab. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberi wawasan dan bekal kepada siswa bahwa dengan kepekaan kita pada segala hal termasuk lingkungan, bisa memberikan manfaat positif bahkan bernilai ekonomis. Kegiatan ini terintegrasi dengan tema 5: Ekosistem.

Selanjutnya dari berbagai karya yang dibuat siswa, terpilih 3 karya terbaik sebagai berikut;

  1. Nara Oriana
  2. Nawalilla Rizkya Hekanda Putri
  3. RR. Zelikha Issabelle Jasmine Prameswari

3. RR. Rajendra Naygadeva S.

Selamat untuk karya terpilih!

Terus lahirkan karya hebatmu!