Rabu, 03 Juli 2024
Perguruan Tinggi

Hikmah Nuzulul Qur’an, Mahasiswa Perlu Meningkatkan Budaya Membaca

Hikmah Nuzulul Qur’an, Mahasiswa Perlu Meningkatkan Budaya Membaca

Ramadhan Indah di Unisa (RINDU) menyelenggarakan kajian Nuzulul Qur’an dengan tema “Merajut Ukhuwah, Menyelami Malam Nuzulul Qur’an” yang di sampaikan oleh Iwan Setiawan M.S.I. Kajian tersebut di hadiri oleh mahasiswa Unisa Yogyakarta di Hall Baroroh Baried Gedung siti Walidah kampus terpadu Unisa Yogyakarta, senin (10/04).

Dr.Islamiyatur Rokhmah.,S.Ag.,M.S.I selaku kepala biro Lembaga Pengkajian dan Pengamalan Islam (LPPI) dalam sambutannya menyambut baik kajian Nuzulul Qur’an karena baginya Nuzulul Qur’an menjadi sebuah peristiwa penting turunnya al-qur’an sehingga perlu kita ambil hikmah didalamnya.

Sementara itu, dalam kajiannya iwan mengungkapkan wahyu pertama  yang diterima oleh nabi Muhammad SAW adalah perintah untuk membaca yakni dalam surat Al-alaq ayat 1-5 saat malam Nuzulul Qur’an sehingga hal tersebut menjadi sebuah hikmah bagaimana Islam sangat meninggikan derajat ilmu pengetahuan, dengan ilmu pengetahuan orang itu akan merubah sudut pandang menjadi lebih baik “Mahasiswa perlu mengambil esensi dari nuzulul untuk dapat membudayakan membaca agar mampu menghadapi dinamika perkembangan jaman,” tutur Iwan.