Selasa, 30 Mei 2023
Sekolah Menengah Pertama

SMPN 4 dalam Menari Jaranan Estafet dan Barongan Kucingan 2023

SMPN 4 dalam Menari Jaranan Estafet dan Barongan Kucingan 2023

Pemerintah Kota Blitar menggelar Pagelaran Menari Jaranan Estafet Pawai 1117 Barongan Kucingan sekaligus pemecahan rekor Muri. Pagelaran ini dilaksanakan pada tanggal 27 hingga 29 Mei 2023. Pembukaan pagelaran dilaksanakan di Monumen PETA oleh Wali Kota Blitar. Pagelaran ini merupakan upaya pemerintah untuk menguri-uri budaya daerah, khususnya kelestarian jaranan dan barongan.

Hari Kedua, 28 Mei 2023 pagelaran dilaksanakan juga di halaman monumen PETA. SMPN 4 berpartisipasi dengan mengeluarkan penampilan jaranan dan barongan dari Sanggar Tari SMPN 4 yaitu Sanggar Obah Mawa Rasa. Anak-anak menampilkan performa tari dengan indah dan energik.

Hari ketiga, 29 Mei 2023 pagelaran pagi hari dilaksanakan di monumen PETA dan pada malam hari dilaksanakan pawai Barongan yang dimulai dari BRI dan finish di aloon-aloon. Atraksi barongan dilaksanakan di aloon-aloon kota Blitar. Tim barongan sebayak 13 siswa turut memeriahkan pawai dan atraksi. Melalui kegiatan ini anak-anak merasa bangga karena potensi tergali dan disalurkan dengan baik, selain itu bisa melestarikan kebudayaan daerah. Kaum muda pelestari budaya bangsa.
“Beksan jiwa, obahing raga, iliring rasa, sukma sukma sesuka puja”

Barongan SMPN 4 Blitar
Tari Jaranan SMPN 4 Blitar
Tim Barongan dan Jaranan bersama Bapak Ibu Guru Pendamping, Bapak Zaini, Bapak Lantip, dan Ibu Rita
Pawai Jaranan bersama Bapak Zaini