Sabtu, 27 April 2024
Perguruan Tinggi

Bukti Serius Dukung Pembangunan Berkelanjutan, Mahasiswa UIN Jambi Lulus Seleksi Program Magang di SEKNAS SDGs Indonesia

Bukti Serius Dukung Pembangunan Berkelanjutan, Mahasiswa UIN Jambi Lulus Seleksi Program Magang di SEKNAS SDGs Indonesia

HUMAS UIN SUTHA – Sekretariat Nasional SDGs Indonesia menyelenggarakan Program Magang tahun 2023 untuk seluruh Mahasiswa di Indonesia. Sebagai Kampus yang berkelanjutan, Mahasiswa UIN Jambi ikut serta dan turut aktif dalam mendukung Program Pembangunan Berkelanjutan, baik di wilayah kampus maupun tingkat Nasional (10/05/2022).

 

Seleksi yang diikuti oleh 1.204 pendaftar ini kemudian mengikuti berbagai rangkaian tahap seleksi, hingga menyisakan 18 Mahasiswa yang berhasil lulus dan menjadi bagian dari SEKNAS SDGs. Namun, sesuai kuota posisi magang yang tersedia dari pihak  SEKNAS SDGs hanya dapat memberikan kesempatan 9 posisi magang yang telah ditentukan.

 

Seperti yang kita ketahui bahwa Program Magang di Sekretariat Nasional SDGs Indonesia selalu menarik perhatian banyak mahasiswa, terutama bagi mahasiswa yang melek terhadap tujuan pembangunan perkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs).

 

Sebagai Mahasiswa yang menempuh pendidikan di kampus berkelanjutan, Anggia Rita Andriana (Mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah) berhasil lolos mengikuti seleksi program magang tersebut. Sebelumnya, Anggia juga merupakan salah satu Youth Volunteer SDGs Sutha dan turut aktif dalam program sosial di bidang pembangunan, sehingga memiliki pemahaman dan pengalaman yang cukup baik terkait SDGs. Bahkan, Mahasiswa Prodi KPI tersebut menjadi satu-satunya Mahasiswa dari Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN), sementara kampus lainnya seperti UGM, UI, IPB, UNPAD dan kampus lainnya.

 

“Bersanding dan bekerjasama dengan Mahasiswa/I dari berbagai Universitas ternama di Indonesia, tentu membuat semangat belajar saya semakin meningkat. Saya percaya, bahwa kesempatan selalu terbuka luas bagi kita yang berkenan berusaha. Melalui program magang ini, harapannya tentu supaya saya dapat terus mengembangkan diri untuk lebih baik, berkontribusi secara maksimal, mengenal SDGs lebih dekat dan melatih kesigapan diri dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab di dunia kerja” Jelas Anggia.

 

Posisi magang sebagai pendukung Komunikasi publik (Writer dan Monitoring) mampu Anggia dapatkan di SEKNAS SDGs Indonesia berkat pengalaman-pengalaman magang di beberapa Media, seperti Media Tribun Jambi, Media Kampus dan komunitas lainnya di bidang jurnalistik. Hal tersebut juga didukung dengan program studi yang ia tekuni bidang komunikasi. Selain itu terdapat 8 posisi magang lainnya, diantaranya Pendukung koordinator tim ahli, Pendukung pilar pembangunan sosial, Pendukung pilar pembangunan ekonomi, Pendukung pilar lingkungan, Hukum dan tata kelola, Monitoring dan evaluasi, Komunikasi publik (Desain grafis), Komunikasi publik (writer dan Media monitoring), serta pendukung komunikasi publik (Social media specialist).

 

Peserta magang Sekretariat Nasional SDGs Indonesia tahun 2023 terhitung sudah mulai aktif sejak 26 April 2023 dan akan berlangsung selama 3 (tiga) bulan.

 

Harapannya, Program magang dan program berkelanjutan lainnya dapat diikuti oleh Mahasiswa/i UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi untuk terus mengembangkan diri tidak hanya di dalam kampus, tetapi juga di luar kampus dengan memulai berbagai aksi positif dan berkontribusi dalam hal Pembangunan Berkelanjutan.