Jumat, 26 April 2024
Bimbingan Belajar

Dakwah Jalur Olahraga Tingkatkan Ukhuwah dan Kesolidan Sesama.

Dakwah Jalur Olahraga Tingkatkan Ukhuwah dan Kesolidan Sesama.

Santri Perguruan Islam Ar Risalah unjuk gigi dalam event Management Basket League 5×5 Competitions 2023 tingkat SMA/MA/SMK se-Sumatera Barat yang diselenggarakan oleh HMJM Universitas Dharma Andalas bertempat di Gor Prayoga Padang. Event ini terbilang besar karena mengundang semua sekolah tingkat SMA/MA/SMK se-Sumatera Barat untuk berkompetisi memperebutkan sekolah yang layak untuk mendapat gelar penguasa Basket se Sumatera Barat.

Dalam Event ini, Santri MA Perguruan Islam Ar Risalah ikut andil dan tidak menyia nyiakan kesempatan dalam berkompetisi. Dalam Alqur’an ada sebuah perintah Allah : Fastabiqul Khairat (Berlomba-lombalah dalam kebaikan (Q.S Al-Baqarah, ayat 2 : 148). Ayat tersebut yang mendasari untuk menunjukkan bahwa Santri bisa berkompetisi di bidang apapun, baik di bidang Tahfizh, Keagamaan, Akademik dan juga Olahraga. Kegiatan ini salah satu sarana dakwah para santri untuk menjukkan sikap dan karakter seorang santri tidak hanya di lingkungan sekolah tetapi teraplikasikan ke lingkungan untuk menjalin sosialisai yang baik dengan sekolah-sekolah lain.

Tim Ar Risalah di bawah didikan Ustadz Haves Derindo, M.Si sebagai Manager dan Muhammad Taqy Al Juhdi sebagai pelatih dalam event ini, squad tim Ar Risalah sebagai kapten Noufal Dzaky Allin telah melakukan rangkaian latihan dan kerja keras untuk menghadapi event ini. Di awal babak penyisihan Ar Risalah bertemu dengan SMA 1 Padang, dengan kerja sama yang solid dan do’a, Alhamdulillah Squad Ar risalah bisa unggul dan memenangkan pertandingan dengan Skor 55 vs 13. Setelah menumbangkan SMA 1 Padang, Squad Ar risalah di hari kedua berhadapan dengan SMA 5 Padang, pertandingan lumayan sengit tetapi dengan mental dan permainan yang bagus Ar Risalah melaju ke Semi Final dengan Skor 48 vs 22. Di Semi Final Squad didikan ustad Haves dan Juhdi berhadapan dengan SMA 12 Padang yang terkenal tahun ini cukup kuat, di babak ke 3 Tim yang dikapteni Noufal sempat ketinggalan poin, tetepi di babak ke empat kembali merebut point dengan skor akhir 60 vs 50, perjuangan yang melelahkan mengantarkan tim Ar risalah ke final bertemu SMA Don Bosco.

Menariknya dan menjadi kebanggaan untuk kita, selama pertandingan squad santri tetap bisa menjaga ibadahnya tepat waktu, memberikan sikap dan karakter sebagai santri seperti adab minum, adab berpakaian dan berinteraksi dengan orang lain. ” Kita sebagai santri harus selalu menerapkan dan menjaga sikap dan karakter kita, baik didalam lingkungan sekolah maupun di lingkungan luar, jadikan olahraga sebagai jalur dakwah menyampaikan karakter dan sikap seorang Santri ”, Ujar ustadz Haves.

Di Final, tim Ar Risalah bertemu lagi dengan SMA Don Bosco, pertemuan final yang klassik yang sebelumnya terakhir terjadi pada final DBL tahun 2019. Di game ini sampai babak kedua Ar risalah masih ketinggaln 4 poin, di babak ketiga dan ke empat squad Don Bosco unggul dengan kerja sama yang solid. Dan akhirnya pertandingan di menangkan oleh Don Bosco dengan skor yang cukup jauh.

Disamping itu semua, setiap kompetisi akan ada yang menang dan kalah, Ar Risalah sudah berjuang penuh sejauh ini, apresiasi dan dukungan dari ustad/ustadzah terus mengalir, apapun hasilnya yang terpenting adalah proses belajar. “ terima kasih untuk sekolah telah mengizinkan kami untuk mengikuti lomba, itu sebagi pembuktian kepada orang banyak bahwa santri bisa berprestasi dalam bidang olahraga serta pembuktian Latihan selama ini tidak sia sia namun membuahkan hasil “ Pesan Juhdi sebagai pelatih.

#arrisalahkeren