Sabtu, 18 Mei 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

Dampak Perkembangan IPTEK Dalam Perspektif UU ITE

SMK Bina Prestasi dengan Universitas Islam Jakarta bekerja sama menyelengarakan Seminar dan Diskusi dengan tema Dampak Perkembangan IPTEK Dalam Prespektif UU ITE.

Dalam seminar ini ibu Nur Aida, S.H, M.H, M.Si sebagai narasumber menyampaikan bahwa dinamika sosial sekarang ini sudah melampaui batas dunia, masyarakat bisa melakukan komunikasi menggunakan media sosial dengan beraneka ragam bentuk media melalui jaringan internet. Maka hal ini sangat memungkinkan menjadikan segelintih pihak atau kelompok tertentu dapat merekayasa atau mengubah atau memelintir bahasanya sehingga menyebarkan berita bohong.

Oleh karena itu disarankan agar informasi yang berisi konten ilegal, ujaran kebencian atau informasi yang bernuansa provokasi di ruang siber sebaiknya dihindari, dengan cara cukup dibaca saja tanpa merasa perlu atau tidak perlu merasa wajib mentransmisikan kembali respon atau komentar atas informasi tersebut di ruang publik siber.

Kegiatan seminar ini berkat inisiatif dari MGMP PPKN SMK Kabupaten Bekasi yang ingin kegiatan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan bagi guru-guru PPKN. Kita mengetahui bersama perkembangan teknologi saat ini sudah sangat pesat sekali dan ikut membawa perubahan dari gaya hidup manusia.

Para guru juga diharapkan bisa memberikan pemahaman kepada peserta didik agar transmisikanlah informasi yang baik dan benar ke ruang siber serta manfaatkanlah ruang publik siber untuk hal-hal yang positif dengan cerdas.