Sabtu, 27 April 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

Program Magang Ke Jepang

Setelah dua tahun masa-masa pandemi Covid 19, program magang ke Jepang sempat terhenti. Hal ini memang tidak bisa terhindari mengingat di semua negara di dunia mengambil kebijakan untuk membatasi aktivitas dan negara-negara juga membatasi pengunjung dari luar negeri.

Kini setelah situasi mulai terkendali, pemerintah Jepang membuka kembali dan memungkinkan program magang ke Jepang untuk dilaksankan. Tentu ini adalah berita baik dan menggembirakan bagi siswa-siswa SMK yang ingin memulai karir melalui program magang ke Jepang.

Untuk dapat mengikuti program ini tentu ada persyaratan dan tahapan yang harus dilalui, mengingat mereka lulus nanti harus merantau di negeri orang. Oleh karena itu faktor dan mental adalah yang utama dan menjadi prioritas dari persyaratan lainnya. Faktor mental dan karakter akan sangat membantu sekali para peserta untuk lulus dan bisa berangkat magang ke Jepang.

Namun sebelum peserta berangkat ke Jepang, peserta yang sudah lulus tes diberikan terlebih dahulu pembekalan kurang lebih satu bulan atau lebih untuk diberikan pembekalan pengenalan bahasa dan budaya Jepang, serta penguatan mental dan karakter agar jauh lebih siap saat berangkat ke Jepang.

Tentu banyak manfaat dari program magang ke Jepang ini, diantaranya pengalaman yang sangat luar biasa bisa belajar sekaligus magang pekerjaan di Jepang. Dan peserta bisa mengenal budaya orang Jepang yang baik untuk diterapkan ke dalam dirinya. Selain itu peserta juga akan memiliki pendapatan yang jika pandai dalam mengatur keuangan setiap bulannya, para peserta saat pulang ke Indonesia bisa berwirausaha dari hasil uang yang didapatkan saat magang di Jepang.