Sabtu, 27 April 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

Diskusi Pendidikan : Shizuoka Salesio High School dengan SMK Bina Prestasi

Senin, 7 Agustus 2023, SMK Bina Prestasi mendapatkan kunjungan guru-guru dari negara Jepang yang tergabung dalam Education Bridge Sakura Melati. Kunjungan ini dilakukan sebagai studi banding bagi guru-guru dari Jepang yang tertarik dengan perkembangan Pendidikan di Indonesia.

Tentu merupakan kehormatan bagi SMK Bina Prestasi mendapatkan kesempatan untuk menjelaskan perkembangan kurikulum yang sudah berkembang dan mengarah kepada aspek yang sangat inovatif.

Adapun hal-hal yang ingin mereka pelajari dari Pendidikan di Indonesia adalah :

1. Kondisi pendidikan Indonesia saat ini dan masalahnya serta garis besar sistem dan kurikulum pendidikan Indonesia. Bagaimana Pendekatan dan kegiatan untuk masalah dan reformasi di bidang Pendidikan.

2. Pemanfaatan TIK dalam pendidikan di Indonesia. Kondisi implementasi TIK dan metode pemanfaatannya beseerta contoh penggunaan dan hasil pembelajaran yang memanfaatkan TIK

3. Strategi sekolah ketika pembelajaran tatap muka tidak dapat dilakukan pada masa Pandemi covid-19. Strategi apa yang diambil ketika pembelajaran di sekolah tidak dapat dilaksanakan Ketika virus Corona mewabah saat itu dan Bagaimana pembelajaran online bisa dilakukan serta penggunaan materi pembelajaran digital, komunikasi,
metode antara guru dan siswa yang dilakukan pada masa pandemic.

Topik ini sangat menarik saat session diskusi dilakukan. Kami saling memberikan informasi dan data terkait pengalaman dan program yang selama ini sudah di jalankan. Mereka sangat excited saat kami jelaskan bahwa SMK Bina Prestasi sudah memiliki perangkat dalam proses pembelajaran berbasis online dan konsep justru sudah kami rancang justru Ketika pandemic covid 19 belum terjadi.

Diskusi lalu berkembang pada aspek bagaimana pemerintah sudah mampu melakukan transformasi Pendidikan dengan mekanisme kurikulum merdeka. Masih terlalu dini memang untuk melihat hasilnya namun kami menyampaikan bahwa hal yang penting adalah kami memiliki arah dalam prinsip-prinsip Pendidikan yang kami kembangkan dan kami laksanakan.