Minggu, 05 Mei 2024
Sekolah Menengah Pertama

Wawancara Tim Jurnalistik Spensata dengan Pak Yopi

Wawancara Tim Jurnalistik Spensata dengan Pak Yopi

R : Selamat pagi bapak

N : Selamat pagi, alhamudulillah sehat sehat semuanya nggih?

R : Nggih Pak, sehat alhamdulillah. Bagaimana kabar bapak?

N : Alhamudillah karna ridho Allah sehat.

R : Sebelumnya perkenalkan nama saya Carisa dan ini teman saya Lathifanny, kami dari tim anggota jurnalistik SMPN 1 Tasikmadu, tujuan kami bertemu pak yopi hari ini untuk melakukan reportase atau wawancara dengan Pak Yopi mengenai Pendidikan di Indonesia dan bertepatan pula dengan hari Pendidikan nasional,

N :Ya…

R : Apa saja kegiatan yang dilaksanakan oleh dinas Pendidikan dan kebudayaan karanganyar?

N : Ya, dalam rangka Hardiknas tahun 2023 ini, kita atas arahan pak bupati itu melaksanakan upacara, kemudian upacara itu didalamnya pak bupati memerintahkan suruh mencari guru kemudian tenaga administrasi wb yang belum diangkat pegawai paling lama mana? Itu ada 6 orang, kemudian oleh beliau diberi penghargaan trus pesan beliau kepada kita para guru tenaga kependidikan diminta untuk semangat dalam memberikan pelayanan dan menyemangati anak anak agar sekolah dengan gembira agar besok menjadi anak anak yang sukses.

R : Selanjutnya untuk pertanyaan kedua, kontribusi apa saja yang dilakukan oleh Disdikbud Karanganyar untuk hardiknas kali ini Pak?

N : Ya, kita kan sebagai Leading sektor sebagai coordinator untuk peringatan hardiknas jadi kita berpedoman kepada pedoman dari kementrian Pendidikan kita melaksanakan kegiatan utamanya upacara, upacara kita laksanakan terpusat dikantor bupati kemudian ada beberapa juga kecamatan yang melaksanakan upacara dikecamatan itu dalam rangka menyemangati kita untuk terus selalu menggelorakan semangat belajar belajar belajar.

R : Baik Pak, untuk pertanyaan selanjutnya Pak. Bagaimana Dinas Pendidikan menerapkan tema Hardiknas tersebut ke sekolah sekolah?

N : Inikan sudah kami sebar nggih? Semarakan merdeka belajar jadi sebenarnya kita, sekolahan itu sudah semangat semua, sudah semarak, sudah mengenal yang Namanya merdeka belajar itu. Jadi kita Cuma mengulang lagi saja, karena kan sekolah kita di Karanganyar dari TK, SD, SMP, itu semua sudah paham dan semua sudah bergerak bersama menyemarakan merdeka belajar ini.

R : Baik Pak, selanjutnya. Lalu kontribusi apa saja yang dilakukan Disdikbud untuk Pendidikan dikaranganyar?

N : Ya, kami kan tidak bisa lepas dari visi misi pak bupati, kalau visi misi beliau kan intinya kan berikan gratis, kemudian kita juga menegaskan arahan beliau agar anak anak karanganyar ini belajarnya dibuat gembira, kemudian kita ingin mewujudkan dikaranganyar tu anak anak; satu sehat, yang kedua beriman dan bertakwa, cerdas, dan berwawasan kebangsaan yang kuat.

R : Selanjutnya untuk khusus Pendidikan di karanganyar, apakah ada formula baru untuk meningkatkan SDM baik untuk guru dan peserta didik agar Pendidikan dikaranganyar bisa bersaing ditingkat nasional?

N : Kalau guru kita sudah kompeten semua, sudah pintar semua, jadi kita tidak ada upaya lagi untuk meningkatkan kompetensi guru karna semuanya sudah kompeten, semuanya seragam, merata, diseluruh satuan Pendidikan mulai dari tk, sd, smp, jadi sekarang anak anak kita kalau ingin pintar gaperlu harus sekolah ke kota, di Jenawi, di Jatiyoso, Gondangrejo, semuanya pinter. Karna memang guru guru kita sudah pinter semua, sudah kompeten, sekarang kita tinggal menyemangati menggelorakan semangat temen temen untuk menggelorakan kepedulian kebersamaan gotong royong dan kekeluargaan. Ini. Nilai nilai ini yang dibangun sesuai dengan arahan pak bupati untuk Karanganyar “life center” 2030 itukan dimulai dari karakter, nah sebelum ada Pendidikan karakter melalui merdeka belajar pak bupati sudah menanamkan itu di karanganyar, karna kompetennya sudah bagus guru guru kita, sekarang kita menyemangati temen temen guru ayo karakter anak kita bangun

R : Baik Bapak. Lalu apa harapan Bapak terhadap guru dan peserta didik dengan adanya kegiatan memperingati Hardiknas ini?

N : Ya karena kita dasarnya di Karanganyar ini guru maupun anak sudah pintar semua nggih? Sekarang kita tinggal ya itu tadi, kita membangun karakter anak anak yang sehat, yang agamanya kuat, yang cerdas, yang wawasan kebangsaannya kuat, tinggal itu aja.

R : Semoga kita dapat menerapkannya ya Pak

N : Ya pasti bisa

R : Baik Pak, selanjutnya pertanyaan terakhir. Apa pesan Bapak untuk pendidikan di Kabupaten Karanganyar? N : Untuk Pendidikan di Karanganyar begini, kita ingin anak anak itu selain mereka cerdas itu karakternya juga baik. Nah, jadi kita nanti generasi muda karanganyar itu bisa menguasai di Indonesia ini disegala bidang baik swasta maupun pemerintahan maupun BUMN nanti dikuasai anak anak karanganyar

 

Oleh: 1. Lathi Fanny Anugrah Wijaya,

8A 2. Carrisa Adhani Kuswoyo, 8H