Rabu, 03 Juli 2024
Perguruan Tinggi

Bolen Kota : Inovasi Universitas Jember-Astra Pada Masa Off Farm Petani Kopi Bondowoso

Bolen Kota : Inovasi Universitas Jember-Astra  Pada Masa Off Farm Petani Kopi Bondowoso

Jember, 8 November 2021

Tim Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Jember bersama PT. Astra International Tbk., memberikan pelatihan pembuatan kue bolen rasa kopi plus tape bagi ibu-ibu dari enam desa di Kecamatan Sumberwringin Bondowoso (8/11). Pelatihan ini menjadi inovasi sekaligus solusi bagi petani kopi di Kecamatan Sumberwringin saat masa tunggu panen kopi atau kegiatan off farm. Kegiatan pelatihan ini digelar di aula Kecamatan Sumberwringin dan diikuti oleh 24 peserta yang merupakan perwakilan dari enam desa.

Hadir sebagai pemateri, Hardini Rostanty, owner Bolang Pastry Malang. Dalam pelatihan ini Hardini pengusaha kue bolu ini mengajarkan pembuatan kue bolu dari persiapan, pemilihan bahan, cara memasak, pengemasan hingga tips pemasaran. Selama pelatihan yang memakan waktu empat jam ini para peserta tampak antusias mengikuti penjelasan dari pemateri. Selain mendapatkan contoh, para peserta juga diberikan kesempatan mempraktekkan langsung cara membuat bolu yang bahan isiannya dari tape dan kopi, dua bahan yang merupakan produk andalan Bondowoso.

Sebelumnya saat membuka pelatihan, Camat Sumberwringin, Rizky Idham Lukmana menyambut baik ide pelatihan ini. Pasalnya pelatihan pembuatan kue bolu Kota ini dapat menjadi sumber pendapatan alternatif bagi para istri petani kopi selama menunggu panen kopi. Menurutnya makin banyak produk turunan kopi dan tape bakal menggerakkan roda perekonomian Bondowoso dan mengangkat pamor kopi dan tape Bondowoso. Tak lupa Camat Sumberwringin berterima kasih kepada tim LP2M Universitas Jember yang berkolaborasi dengan PT. Astra International Tbk., yang selalu setia mendampingi masyarakat petani kopi di daerahnya dengan berbagai macam ide dan inovasinya. Baginya, kehadiran LP2M Universitas Jember dengan PT. Astra International, Tbk., membantu kesejahteraan warganya, sehingga bisa berdiri sendiri secara mandiri di bidang ekonomi.

Di sisi lain, Ali Badrudin selaku ketua tim LP2M Universitas Jember sangat bangga dengan antusias dan respons yang luar biasa dari masyarakat dan pemangku kepentingan di Kecamatan Sumberwringin. Antusiasme ini salah satunya ditunjukkan oleh Camat Sumberwringin yang mendukung penuh kegiatan pelatihan ini, bahkan hingga rela mengikuti pelatihan hingga usai. Menurut Ali Badrudin, Universitas Jember berkomitmen akan terus memberikan dukungan kepada warga Kecamatan Sumberwringin dengan sokongan PT. Astra International, Tbk. Harapannya, dari pelatihan ini akan muncul UMKM berbasis kopi dan tape serta UMKM lainnya dari Kecamatan Sumberwringin. (LP2M)