Rabu, 03 Juli 2024
Perguruan Tinggi

Dies Natalis Ke 57 UNEJ Gelorakan Semangat Gotong Royong

Dies Natalis Ke 57 UNEJ Gelorakan Semangat Gotong Royong

Jember, 10 November 2021

Tepat tanggal 10 November 2021 Universitas Jember merayakan hari jadi yang ke-57. Diusia yang kian matang ini Universitas Jember berkomitmen untuk terus memupuk semangat gotong-royong dalam mengembangkan pendidikan tinggi yang berkualitas. Hal ini disampaikan oleh Iwan Taruna Rektor Universitas Jember saat memimpin upacara bendera peringatan Dies Natalis ke-57,(10/11).

Uniknya, upacara kali ini tidak hanya digelar di halaman kantor pusat Universitas Jember. Tetapi juga diikuti seluruh fakultas dan seluruh unit kerja di lingkungan Universitas Jember termasuk Universitas Jember kampus Bodowoso, Lumajang dan Kampus Pasuruan melalui layanan zoom.

Dalam sambutan singkatnya, Iwan Taruna mengajak seluruh sivitas akademika Universitas Jember agar memiliki semangat gotong-royong. Karena menurutnya, Universitas Jember tidak akan pernah maju dan berkembang lebih baik tanpa ada kebersamaan bergotong-royong.

“Tidak mungkin ada kemajuan tanpa adanya sinergisme semua elemen yang ada di kampus Universitas Jember yang kita banggakan ini. Mari kita kedepankan semangat kebersamaan ini untuk terus mengembangkan Universitas Jember menjadi lebih maju,” ujar Iwan Taruna saat memberikan sambutan.

Menurut Iwan, Universitas Jember dibangun oleh orang-orang yang memiliki dedikasi tinggi demi adanya kemajuan di Kabupaten Jember. Berawal dari sebuah kampus rintisan dengan keyakinan den dedikasi yang sangat tinggi akhirnya berhasil menjadi kampus yang besar seperti saat ini.

“Tanggal 10 November juga diperingati sebagai hari pahlawan. Oleh karenanya tepat sekali pada hari ini kita berkomitmen untuk meneruskan dedikasi dan semangat para pendahulu kita yang telah berjuang untuk membangun dan mengembangkan Universitas Jember,” imbuh Iwan.

Iwan mengatakan, sejak menyandang status sebagai kampus Badan Layanan Umum (BLU) harus dibarengi dengan peningkatan kualitas layanan pendidikan yang lebih baik. Karena menurutnya, adanya kewenangan dan kemudahan dalam pengelolaan institusi harus berorientasi kepada kepuasan masyarakat.

“Kami harap jangan lelah jangan letih untuk terus memperbaiki diri dan memantaskan diri sebagai perguruan tinggi yang berkualitas. Insya Allah kita akan diberi kemudahan dan kelancaran untuk mewujudkan cita-cita besar para pendiri Universitas Jember,” pungkasnya.

Menariknya sebelum upacara dimulai Iwan Taruna menyambut peserta UNEJ Relay Ultra Marathon 57K di garis finish yang ditempatkan di depan kantor pusat Universitas Jember. Mereka adalah dosen dan mahasiswa dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Jember yang telah berlari sejauh 57 kilometer dengan rute di sekitar wilayah Kampus Tegalboto.

“Kami mulai berlari sejak tadi malam pukul sembilan. Sebanyak 50 peserta berlari sebagai bentuk semangat dan simbolis bahwa di usia 57 tahun ini UNEJ harus terus berlari agar mampu menjadi kampus yang unggul,” ujar Rudy Julianto selaku koordinator kegiatan UNEJ Relay Ultra Marathon 57K.