Jumat, 17 Mei 2024
Sekolah Menengah Atas

PENYUSUNAN DOKUMEN SATUAN PENDIDIKAN AMAN BENCANA 2023

PENYUSUNAN DOKUMEN SATUAN PENDIDIKAN AMAN BENCANA 2023

Sejak resmi menyandang predikat sebagai Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) pada tanggal 2 November 2022, SMA Negeri 1 Godean berusaha untuk terus meningkatkan  kemampuan warga sekolah untuk melakukan tindakan pengurangan ancaman dan potensi kerugian akibat bencana. Sumber daya manusia, lingkungan, infrastruktur, sosial, dan finansial menjadi aspek utama yang dikelola sekolah untuk meningkatkan kemampuan pengurangan resiko bencana.

Dokumen SPAB (Kajian Risiko Bencana, Rencana Aksi Sekolah, dan rencana Kontijensi) yang disyahkan pada bulan Februari 2021, menjadi dokumen SPAB pertama bagi SMAN 1 Godean. Setelah dua tahun berjalan, maka banyak perubahan yang telah terjadi. Untuk menyesuaikan dengan kondisi terkini, maka SMAN 1 Godean melaksanakan Review dokumen SPAB 2021-2023 dilanjutkan dengan penyusunan Dokumen SPAB 2023-2025. Kegiatan dilaksanakan pada hari rabu tanggal 16 Agustus 2023 bertempat di ruang rapat SMAN 1 Godean.

Kegiatan Review dan Penyusunan Dokumen SPAB menghadirkan dua orang narasumber selaku fasilitator SPAB DIY yaitu: Inggit Fandayati, S.S dan Wahyu Dwi Sudarmaji. Dalam pemaparannya, fasilitator menyampaikan informasi seputar perkembangan terbaru SPAB dan peraturan yang menyertainya. Dalam sesi penyusunan dokumen, disampaikan hal-hal yang harus diperbaharui dalam Dokumen SPAB. (Suharyadi)