Minggu, 28 April 2024
Sekolah Menengah Atas

Program P5: SMASA Gandeng Kodim 0823 dan Polres Situbondo Latih Kedisiplinan

Program P5: SMASA Gandeng Kodim 0823 dan Polres Situbondo Latih Kedisiplinan

SMAN 1 Situbondo menggandeng Kodim 0823 dan Polres Situbondo untuk melaksanakan program P5 tahun 2023. Pada acara yang digelar di lapangan basket SMASA, Serka I. Wayan Duryayasa dari Kodim 0823 Situbondo memberikan materi tentang kedisiplinan khususnya prosedur baris-berbaris.

“Kalau Anda sebagai pelajar, ikuti semua aturan di sekolah. Kalau Anda sebagai masyarakat, ikuti aturan-aturan di masyarakat. Jangan melawan aturan. Ingat itu. Nah itulah yang dinamakan disiplin dalam berbangsa dan bernegara,” ungkapnya.

Sementara tentang prosedur baris-berbaris, Serka I. Wayan mengingatkan bahwa pelaksanaan apel tidak asal-asalan.

“Yang utama, Anda semua harus fokus. Karena dengan fokus, Anda semua akan paham dan mampu melaksanakan apel dengan baik,” tuturnya saat membuka acara.

Untuk menambah semangat peserta, Serka I. Wayan juga menyampaikan pentingnya pelajar SMASA punya rasa cinta tanah air. Di sela penyapaiannya, ia mengajak seluruh peserta untuk menyebut khazanah kekayaan nasional sebagai wujud cinta.

Beberapa pelajar menyebut cinta terhadap kebudayaan, lambang negara, dan pahlawan yang berjuang membela bangsa.

“Cinta tanah air itu penting agar Anda semua memiliki dan ikut menjaga semua yang ada dalam bangsa ini,” lanjut Serka I. Wayan.

Cinta negara, lanjut Serka I. Wayan merupakan dasar yang harus dimiliki setiap pelajar agar punya pemahaman tentang hal-hal penting di Indonesia.

Sementara itu Kepala SMASA Marta Mila Sughesti, S.Pd., S.S., M.Pd menyampaikan akan terus berkomitmen melakukan kolaborasi dengan semua pihak untuk mendukung program P5.

“Kolaborasi ini penting agar SMASA semakin kuat dan punya mitra yang siap mendukung setiap program yang kita punya. Pada hari ini, saya berterima kasih kepada semua pihak yang terlibat menyukseskan acara ini,” ujarnya.

Acara P5 berlangsung dengan tertib. Seluruh pelajar SMASA kelas X dan XI mengikuti dengan seksama dan terlibat aktif dalam dialog bersama pemateri.
___
Penulis: Moh. Farhan, S.S.