Jumat, 17 Mei 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

9 Channel YouTube Edukatif untuk Meningkatkan Pengetahuan Pelajar SMA/SMK

9 Channel YouTube Edukatif untuk Meningkatkan Pengetahuan Pelajar SMA/SMK

Salah satu revolusi paling menonjol dari dunia pendidikan adalah adanya konten edukatif pada platform video online, yaitu Youtube. Banyak pendidikan dan pengajar berbakat yang mulai membagikan pengetahuan melalui video online, dengan menciptakan konten tentang materi pelajaran dengan cara yang menarik dan interaktif.

Jika Anda membutuhkan dana tambahan untuk sementarai, jangan lewatkan kesempatan untuk memanfaatkan layanan gadai Hp. Anda bisa melakukan cek harga gadai hp untuk mengetahui nilai aset yang akan didapatkan dari handphone Anda. 

Rekomendasi Channel Youtube Edukatif

Hingga kini, YouTube telah menjadi platform bagi konten edukatif yang menyajikan beragam pengetahuan secara menarik dan interaktif. Dari ilmu sains hingga, sejarah, hingga seni, Youtube kini menawarkan akses lebih lagi ke dunia pendidikan. 

1. BIG Course

Big Course

Rekomendasi channel youtube edukatif yang pertama adalah BIG Course dengan keahliannya di bidang matematika, fisika, hingga kimia. Ketiga mata pelajaran ini tentunya sangat penting untuk dipelajari baik di SMA maupun SMK. Channel BIG Course dibuat mulai dari video pertamanya tentang rumus trigonometri lanjutan di tahun 2019 lalu.

Ko Ben sebagai panggilan dari pemilik channel ini membuat video dengan suasana pembelajaran seperti kelas offline, lengkap dengan papan tulis putih dan spidolnya. Cara penyampaian yang ia gunakan juga mudah untuk dimengerti. Tidak heran jika channel BIG Course menjadi salah satu channel favorit para siswa yang membutuhkan penjelasan di ketiga bidang tadi.

Untuk memudahkan, BIG Course menyatukan video-videonya ke dalam playlist sesuai dengan mata pelajaran dan tingkatan kelasnya. Kini juga tersedia program membership channel dengan harga yang sangat terjangkau. Melalui program membership, para pelajar akan mendapatkan akses ke video dengan penjelasan yang lebih lanjut lagi.

2. Kok Bisa?

Channel YouTube Kok Bisa

Channel YouTube “Kok Bisa?” merupakan channel YouTube yang dibuat oleh 3 orang mahasiswa dari Universitas ternama di Indonesia yaitu Universitas Indonesia. “Kok Bisa?” ini banyak membahas tentang sejarah, isu-isu di tengah masyarakat, hoax, dan sains. Untuk itu channel YouTube ini sangat bermanfaat untuk ditonton para pelajar.

Sudah terlihat dari nama channel YouTube nya bahwa channel YouTube ini dibuat untuk menghilangkan rasa penasaran dari para penonton. Mereka akan menjawab semua pertanyaan pertanyaan sulit yang mungkin sering dipertanyakan dalam kehidupan. Namun jawaban dari pertanyaan sulit tersebut akan dikemas dalam bentuk video yang sangat sederhana. 

Tidak hanya penjelasan yang mudah dipahami oleh berbagai kalangan, ilustrasi yang ditampilkan juga sangat menarik sehingga dapat menggugah para penonton usia muda yang awalnya tidak suka menonton video edukatif. Selain itu, channel YouTube Kok Bisa juga tidak sembarangan saat membuat Video. Mereka melakukan penelitian terlebih dahulu demi menyajikan informasi yang faktual dalam bentuk video.

3. RuangGuru

Channel YouTube Ruang Guru

Salah satu platform bimbel terbesar nomor 1 di Indonesia, Ruang Guru juga memiliki channel youtube. Berisikan beberapa tips tips belajar atau ujian, fakta-fakta, hingga penjelasan materi. Namun, channel ini terfokus pada tips untuk menghadapi ketakutan terbesar lulusan SMA/SMK yang ingin mendaftar perguruan tinggi negeri, yaitu SNBT.

Meski tidak selengkap aplikasinya, channel Ruang Guru cukup membantu untuk memberikan edukasi kepada para pelajar. Beberapa tips dan materi yang dapat membantu seperti pembahasan tipe soal, tips mempelajari materi, hingga strategi untuk mengerjakan ujian. Terdapat juga video-video yang memotivasi dari beberapa tokoh.

Mulai eksis dari tahun 2017, Ruang Guru telah berhasil membantu banyak lulusan SMA/SMK mendapatkan perguruan tinggi yang diinginkan. Tidak hanya itu, banyak juga yang berhasil mendapatkan nilai memuaskan pada ujian ujiannya. Dengan bergabung menjadi bagian Ruang Guru, Anda akan mendapatkan berbagai manfaat.

4. Pahamify

Channel YouTube Pahamify

Untuk Anda yang saat ini sudah memasuki sekolah menengah atas baik itu SMA atau SMK, ini dia channel YouTube yang sangat berguna untuk Anda. Channel YouTube Pahamify ini menyajikan berbagai video khususnya terkait dengan UTBK. Karena itu Channel ini sangat membantu untuk Anda yang bercita-cita ingin melanjutkan ke perguruan tinggi negeri.

Mulai dari tips belajar hingga materi semua tersajikan di dalam channel YouTube Pahamify. Tips belajar yang disajikan juga sangat lengkap dan terbukti ampuhnya. Jadi, Anda tidak perlu mencari beberapa channel Youtube untuk membantu pembelajaran Anda di sekolah tingkat akhir.

Selain itu, Pahamify juga mengadakan live class yang tentunya tidak akan membuat Anda bosan.  Live class yang diadakan sangat menyenangkan namun ilmu yang disampaikan pasti dimengerti oleh peserta live class tersebut. Untuk persyaratan pendaftarannya, Anda dapat mengunjungi channel Pahamify serta memantau live class apa saja yang diadakan.

5. Ayo Mikir

Channel YouTube ayo mikir

Channel satu ini cocok untuk Anda yang suka memikirkan berbagai hal di dunia ini, yaitu Ayo Mikir. Semua videonya membahas tentang pertanyaan-pertanyaan yang masih belum terjawab secara umum dan banyak dipertanyakan. Seperti misalnya “apakah gravitasi itu nyata?”, “kenapa orang cakep lebih diuntungkan?”, hingga “apakah depresi itu jauh dari Tuhan?”

Dikemas dengan konsep video edukasi berbentuk animasi atau klip klip acak, Ayo Mikir berhasil membuat penontonnya benar-benar berpikir. Channel Ayo Mikir sudah menemani mulai dari tahun 2017 dan menghadirkan video baru setiap minggunya. Video-videonya juga terbagi menjadi beberapa kategori seperti biologi, astronomi, trending, hingga the universe dan masih banyak lagi.

Channel Ayo Mikir dengan video-videonya sangat cocok untuk teman bersantai sembari ditemani dengan tontonan. Dengan hanya bersantai dan menonton video, Anda juga mendapatkan pengetahuan yang lebih bertambah. Animasi yang interaktif juga membuat penontonnya akan lebih terhibur.

6. Neuron

Channel YouTube Neuron

Neuron merupakan channel YouTube edukasi yang menyajikan video edukasi bidang kesehatan. Berbagai video kesehatan yang bermanfaat dibuat oleh channel YouTube ini. Mulai dari fakta kesehatan tubuh, penjelasan terkait dengan penyakit ringan hingga penyakit yang mematikan.

Dengan menonton video yang disajikan oleh Neuron, Anda dapat memperoleh berbagai pengetahuan tentang kesehatan yang sebelumnya belum pernah Anda dengar. Channel ini juga sangat membantu Anda yang sekolah pada bidang kesehatan maupun dapat menjadi pelarian Anda jika kurang memahami pelajaran tentang biologi di sekolah.

Setiap video yang disajikan oleh Neuron ini diperoleh dari sumber yang tidak main-main dan pastinya sangat memahami tentang materi yang dibahas dalam video tersebut. Animasi berkualitas tinggi dan visualisasi 3D yang menarik juga digunakan untuk membantu menjelaskan konsep-konsep yang sering kali sulit diimajinasikan.

7. Crash Course

Channel YouTube Crash Course

Channel dengan video edukatif selanjutnya adalah Crash Course yang hadir dalam bahasa inggris. Crash Course membuat konten-konten tentang penjelasan dari berbagai materi seperti biologi, botani, fisika, perkuliahan, trending, dan masih banyak lagi. Ini berguna untuk menambah pengetahuan dari berbagai bidang yang ada tersebut.

Dibuat mulai dari tahun 2006, channel Crash Course pada awalnya dibuat oleh kakak adik asal amerika serikat dengan tujuan memudahkan para pelajar memahami materi-materi yang ada di channel tersebut. Terus berkembang hingga saat ini tersedia lebih dari 45 bidang materi dalam video pada channel Crash Course ini.

Pengemasan video dalam bentuk animasi yang menyegarkan diselipkan dengan humor yang membuat penonton semakin tertarik untuk menontonnya. Semua video yang ada di dalam channel ini semuanya gratis untuk ditonton. 

8. Bimbel Smarrt

Channel YouTube Bimbel Smarrt

Fokus pada bidang matematika, fisika, dan kimia, Bimbel Smarrt dapat dijadikan bahan pembelajaran Anda untuk mata pelajaran tersebut. Seperti yang Anda ketahui bahwa mata pelajaran tersebut bisa dikatakan cukup rumit dan sulit. Namun, Anda akan merubah persepsi tersebut setelah menonton video dari channel Bimbel Smarrt.

Video penjelasan matematika, fisika dan kimia yang disajikan oleh Bimbel Smart dikemas dengan sangat sederhana dan dengan trik yang mudah. Soal dan pembahasan mudah disajikan mereka untuk mengasah pemahaman Anda yang lebih dalam lagi.

Lebih dari 1000 video disajikan untuk Anda. Jadi, Anda dapat mencari materi mana yang Anda butuhkan dan ingin Anda pahami. Bimbel Smarrt juga menyediakan kelas live grup maupun private. Anda dapat memilih live kelas grup yang dilakukan bersama sama dengan peserta lain atau kelas private untuk pembelajaran yang lebih leluasa.

9. Quipper

Channel YouTube Quipper

Untuk rekomendasi channel YouTube edukasi yang terakhir yaitu ada Quipper. Channel ini menyediakan banyak video dari berbagai macam materi pelajaran. Contohnya pada pelajaran Bahasa Indonesia, Quipper menyajikan video penjelasan terkait dengan materi teks prosedur, teks narrative, dan yang lainnya yang sangat bermanfaat untuk membantu pembelajaran anak SMA atau SMK.

Telah dipercaya oleh 500 lebih subscriber, Quipper sangat tepat untuk menjadi salah satu referensi pembelajaran Anda. Hal itu dikarenakan semua materi yang disajikan oleh Quipper ini dikemas dengan penjelasan yang sangat mudah dicerna dan dipahami oleh audiens.

Anda juga dapat mengikuti beberapa ajang yang dibuat oleh Quipper salah satunya yaitu Quipper Championship kategori sekolah. Ajang tersebut tentunya sangat berguna untuk mengasah pengetahuan serta pemahaman para pelajar di Indonesia. 

Itulah 9 channel YouTube edukasi untuk Anda sebagai pelajar SMA/SMK. Tidak hanya akan meningkatkan pemahaman pelajar dalam berbagai bidang, menonton video di channel-channel tersebut juga dapat menginspirasi minat yang dapat diambil oleh para pelajar.
Nah, jangan lupa juga buat cek harga gadai hp apabila Anda ingin menggadaikan hp Anda. Hal tersebut perlu Anda lakukan untuk mengetahui harga hp Anda jika digadaikan, apakah sesuai dengan keinginan Anda atau malah sebaliknya.