Jumat, 17 Mei 2024
Sekolah Menengah Atas

Bank Sampah sebagai Pendukung Adiwiyata SMAN 1 Godean

Bank Sampah sebagai Pendukung Adiwiyata SMAN 1 Godean

Sebagai sekolah Adiwiyata, SMAN 1 Godean memiliki organisasi Bank  sampah yang bernama Gita Swadaya Bhumi untuk mendukung program tersebut. Kegiatan Bank Sampah antara lain mengumpulkan, memilah, dan menjual sampah non organik, serta mengelola sampah organik menjadi pupuk kompos. Kegiatan tersebut dilaksanakan setiap 2 minggu sekali pada saat Jumat sehat. Lokasi bank sampah sendiri terletak di sebelah selatan ruang guru yang merupakan tempat untuk mengumpulkan dan memilah sampah yang telah disetorkan oleh tiap-tiap kelas.

Bank Sampah dikelola oleh pengurus yang merupakan siswa-siswi SMAN 1 Godean dan didampingi oleh Ibu Widiyati, S.Pd., Ibu Evi Mardani, S.Pd., serta Bapak Suharyanto, S.Ag. Dengan adanya bank sampah di SMAN 1 Godean, kita dapat mengetahui perkembangan penggunaan sampah yang ditimbulkan setiap bulan oleh warga sekolah. Selain itu bank sampah juga mendukung kegiatan 3R  (Reduce, Reuse, dan Recycle) dengan melakukan kampanye anti plastik sekali pakai dan memanfaatkan ulang sampah-sampah yang masih bisa digunakan kembali maupun di daur ulang.

Berakhirnya tahun ajaran 2022/2023, Bank Sampah Gita Swadaya Bhumi melakukan Open Recruitment untuk siswa-siswi baru kelas 10 yang ingin bergabung dengan organisasi bank sampah. Diharapkan, untuk kedepannya bank sampah akan memiliki program yang lebih baik dan mewujudkan SMAN 1 Godean sebagai sekolah Adiwiyata tingkat Nasional. Selain itu diharapkan pula warga sekolah semakin memiliki kesadaran untuk memilah, mengolah, dan mengurangi penggunaan sampah. (farizza)