Sabtu, 27 April 2024
Sekolah Menengah Atas

Pelatihan Pemanfaatan Learning Management System (LMS) Untuk Optimalisasi Pembelajaran bagi Majlis Guru SMAN 1 Batam

Learning Management System, juga disebut Learning Management Platform, adalah program perangkat lunak berbasis web untuk manajemen, dokumentasi, pemantauan, pelaporan, administrasi dan distribusi konten pendidikan, program pelatihan, manual teknis, video instruksional atau bahan perpustakaan digital, dan proyek pembelajaran dan pengembangan. Ide Learning Management System berasal dari e-learning. E-learning yang dikembangkan dari kebutuhan akan konten pendidikan dan alat pelatihan yang murah, mudah diakses, mudah digunakan, dinamis dan kolaboratif. Platform e-learning menyediakan infrastruktur – Internet – di mana pembelajaran terjadi melalui berbagai teknik partisipasi.

(07/09/23) SMAN 1 Batam Melakukan Pelatihan Pemanfaatan Learning Management System (LMS), pelatihan ini diikutsertakan semua majis guru SMAN 1 Batam yaitu 71 Peserta Pelatihan dan dimentori oleh Narasumber Bapak Heru Darmawansyah, S.Pd Selaku Pengelola  Learning Management System (LMS) dan Sebagai Guru Matematika di SMAN 1 Batam.

Learning Management System (LMS) juga menyediakan kemampuan pelaporan, yang memungkinkan pengguna untuk melihat semua konten kursus, peringkat instruktur, ikhtisar kursus, dan kemajuan siswa. Kemampuan pelaporan online dapat mencakup formulir yang disesuaikan untuk melacak kemajuan siswa dan peringkat instruktur. Banyak LMS juga menyertakan kemampuan pembelajaran sosial, yang memungkinkan siswa untuk berbagi pelajaran dengan siswa lain di kelas yang sama dan melalui email, obrolan, dan forum diskusi.

Pembelajaran sosial memungkinkan siswa untuk berteman dan mendiskusikan topik kursus dan kemajuan dengan siswa lain dalam lingkungan online yang aman. Beberapa LMS juga memungkinkan pengguna untuk membuat dan berbagi grup pengujian dan mengintegrasikan alat kolaborasi, seperti Microsoft SharePoint dan eConnect, dengan pembelajaran sosial.

Berikut Link Dokumentasinya https://photos.app.goo.gl/1M6sGdFKyG1QMaRM8