Sabtu, 27 April 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

ADIWIYATA SMKN 14 JAKARTA

ADIWIYATA SMKN 14 JAKARTA

Sekolah merupakan pusat penjamin mutu generasi masyarakat. Melalui pembinaan karakter sumber daya manusia, sekolah adalah tumpuan awal yang mampu membentuk pola pikir masyarakat, sehingga terbentuk karakter yang tidak hanya terampil dan berpengetahuan, namun juga menumbuhkan kepekaan terhadap kepedulian social dan lingkungannya.

Untuk mencapai hal tersebut, upaya penigkatan mutu pendidikan tidak hanya kompetensi pendidik yang terus ditingkatkan, namun juga kualitas kondisi sekolah perlu juga ditingkatkan, sehingga sekolah sebagai media pembelajaran mampu menciptakan suasana belajar yang nyaman, sehat, dan kreatif dengan keramahan lingkungan.

Secara Internasional, Green School merupakan program yang dikembangkan dalam lingkungan pendidikan. Pogram ini tidak sebatas memperbanyak penghijauan di lingkungan sekolahnya, namun lebih dari itu green shool adalah penciptaan suasana sekolah yang ramah lingkungan, eksploratif terhadap alam, bahkan hingga menerapkan “Greening The Curriculum”.

Konsep Green Shool di Indonesia ini melalui Menteri Lingkungan Hidup Republik Indonesia, menggagaskan program Adiwiyata yakni, sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan.

Program baik ini disambut hangat oleh SMKN 14 Jakarta dengan memperdalam misi pendidikannya yang terpadu dengan program-program Adiwiyata.

PROGRAM ADIWIYATA SMKN 14 JAKARTA

  1. Greening The Curriculum
  2. Gerakan Literasi berwawasan Lingkungan
  3. Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di sekolah
  4. Ratu Melisa (radius satu meter melihat sampah ambil, dan buang)
  5. Greenhouse Sekolah
  6. Pogram kantin bersih dan sehat
  7. Pemanfaatan dan daur ulang sampah
  8. Bank Sampah
  9. Budidaya Hidroponik
  10. Penanaman Tanaman Obat Keluarga (TOGA)
  11. Kader Energi dan Blopori
  12. Perikanan dan Pertanian
  13. Komposting
  14. Pengurangan plastic melalui ecobrick