Selasa, 21 Mei 2024
Perguruan Tinggi

FBS Unimed Gelar Acara Pelepasan Magang Mahasiswa Prodi Sastra Indonesia Tahun 2023

FBS Unimed Gelar Acara Pelepasan Magang Mahasiswa Prodi Sastra Indonesia Tahun 2023

Program Studi Sastra Indonesia Fakultas Bahasa Dan Seni (FBS) Universitas Negeri Medan (UNIMED) menyelenggarakan acara pelepasan magang bagi mahasiswa mahasiswi prodi Sastra Indonesia di Pelataran Fakultas Bahasa dan seni. Acara ini dilaksanakan pada hari Senin 11 September 2023 yang resmi dibuka oleh Wakil Dekan 1 Bapak Dr. Wahyu Triatmojo, M.hum. Diketahui sebanyak 62 mahasiswa yang akan melaksanakan program magang di berbagai instansi.

Adapun tujuan khusus dilaksanakannya magang ini adalah:1.Mempunyai kompetensi dan etos kerja yang sesuai dengan program studi yang diikuti.2. Mampu melaksanakan pekerjaan-pekerjan rutin yang berlingkup luas pada seluruh bagian yang telah dilalui dalam kegiatan magang keahlian3. Mampu mengelola kelompok kerja dan beradaptasi dengan lingkungan kerja tempat magang secara baik dan benar. 4. Mampu mempraktekkan etika kerja dalam lingkunga magang keahlian secara memuaskan

Selain mahasiswa yang akan melaksankan program magang, acara ini juga dihadiri oleh Bapak/Ibu dosen pembimbing lapangan dari masin-masing kelompok mahasiswa magang.

Hera Chairunisa, S.Sos., M.Si. sebagai ketua Program Studi Sastra Indonesia juga menyampaikan beberapa tata tertib dalam melaksanakan magang tersebut dimana tata tertib itu tertuang dalam buku panduan magang, yang isinya sebagai berikut:

  1. Mematuhi segala peraturan yang berlaku di tempat magang
  2. Datang 10 menit sebelum jam kantor dimulai (atau disesuaikan dengan aturan jam kantor setempat
  3. Memberi salam sewaktu datang dan memohon diri sewaktu hendak pulang kepada pejabat/supervisor tempat magang
  4. Memakai pakaian yang sopan
  5. Memberitahukan kepada supervisor tempat magang apabila berhalangan hadir
  6. Membicarakan dengan supervisor bila menemui kesulitan/masalah dalam magang
  7. Menghormati seluruh karyawan/ti di tempat magang
  8. Menunjukkan etika dan sopan santun yang baik
  9. Meminta izin apabila hendak menggunakan alat-alat/mesin-mesin di tempat magang kepada pimpinan atau pegawai yang berwenang atas alat atau mesin-mesin tersebut
  10. Kreatif, inovatif, aktif dalam bekerja, teliti cermat dan penuh kehati-hatian
  11. Menjaga kebersihan, kerapihan dan keselamatan di lingkungan kerja
  12. Menjaga nama baik prodi Sasindo FBS UNIMED pada khususnya, Universitas Negeri Medan pada umumnya
  13. Mencatat segala kegiatan (aktivitas) yang dilakukan setiap hari di jurnal kegiatan harian dengan bimbingan dan persetujuan pimpinan/supervisor tempat magang.

Adapun salah satu mahasiswa yang kami wawancarai dan akan mengikuti program magang ini, saudari Elvrida Lady Angel mahasiswi prodi sastra indonesia stambuk 2020 yang sekaligus merupakan ketua dari acara pelaksanaan program magang tersebut menyampaikan informasi kepada kami bahwa, saudari Elvrida ditempatkan di PT. Tribun Medan dan beliau mengakui cukup bersemangat dan senang mengikuti program ini karena manfaat yang didapatkannya cukup banyak serta menjadikannya seseorang yang memiliki pengalaman berada di dunia kerja. Beberapa tips yang disampaikannya agar lolos magang di PT. Tribun Medan adalah kita diperlukan networking dan menampilkan Curriculum Vitae (CV) sebaik mungki agar menarik para rekruter di tempat magang khususnya di PT. Tribun Medan.

Berdasarkan apa yang disampaikan oleh Bapak Wakil Dekan 1 Bapak Dr. Wahyu Triatmojo, M.Hum beserta para dosen pembimbing lapangan yang berhadir yaitu, kedepannya para mahasiswa yang melaksanakan program magang dapat mempelajari keterampilan bekerja yang baik dan dapat berkontribusi. Serta bermanfaat dan mampu bekerjasama dengan perusahaan. (Humas Unimed)