Senin, 29 April 2024
Perguruan Tinggi

Unpad dan PT. Gag Nikel Jalin Kerja Sama Tridarma

Unpad dan PT. Gag Nikel Jalin Kerja Sama Tridarma

[Kanal Media Unpad] Universitas Padjadjaran bersama PT Gag Nikel menandatangani Nota Kesepahaman dalam bidang pendidikan, riset, dan pengabdian pada masyarakat. Untuk mewujudkan sinergi juga dilakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unpad dengan PT. Gag Nikel.

Serah terima dokumen MoU dilakukan secara simbolis oleh Wakil Rektor Bidang Organisasi dan Perencanaan Unpad Prof. Drs. Yanyan Mochamad Yani, MAIR., Ph.D dengan Presiden Direktur PT Gag Nikel Sufen Trianto pada acara Festival CSR 2023 di Bale Sawala, Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor, Selasa (5/9/2023).

“Ini adalah bentuk nyata bagaimana dunia akademik link and match dengan yang ada di lapangan,” kata Prof. Yanyan.

Sementara itu, Sufen mengatakan bahwa untuk melakukan aktivitas berkelanjutan, PT Gag Nikel perlu melakukan kolaborasi. Ada banyak tantangan yang dihadapi untuk dapat melakukan aktivitas berkelanjutan.

“Kolaborasi berperan penting dalam berkelanjutan. Kalau Gag Nikel saja tidak akan berjalan,” kata Sufen.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan serah terima PKS yang dilakukan oleh Dekan FISIP Unpad Prof. Dr. R. Widya Setiabudi Sumadinata, M.Si dengan Direktur Human Capital dan Administrasi PT Gag Nikel Harun Iskandar Ryan Sjah.

Festival CSR 2023 merupakan salah wujud kerja sama PT Gag Nikel dengan FISIP Unpad melalui Pusat Studi CSR, Kewirausahaan Sosial, dan Pemberdayaan Masyarakat (CSR-KSPM).

Di awal acara, Festival CSR 2023 menyambut tamu undangan yang berasal dari berbagai perusahaan ternama dengan penampilan kolaborasi kesenian Sunda dan Papua, yaitu rampak kendang dan suling tambur.

Acara tersebut juga menampilkan beberapa kesenian Papua, di antaranya yaitu tarian Yosfan, tarian Lalayon, dan tarian Pangkur Sagu. Sementara itu, tarian khas Jawa Barat, tari Merak juga dipersembahkan untuk para tamu undangan dan peserta sebagai tarian penutup pada acara Festival CSR 2023 ini.

Festival CSR 2023 juga menghadirkan stand booth pameran dari pihak PT. Gag Nikel, PPSDM Geominerba, dan Himpunan Mahasiswa Kesejahteraan Sosial (Hima Kesos) FISIP Unpad.

Sebelumnya, telah diselenggarakan rangkaian pra-kegiatan Festival CSR 2023 yang terdiri dari Lomba Penulisan Karya Ilmiah, Lomba Poster, dan Lomba Video Kreatif dengan tema CSR & Community Development. Kegiatan ini menjadi wadah dalam meningkatkan wawasan dan kemampuan mahasiswa dalam mengkaji isu-isu yang berkaitan dengan CSR, pembangunan lokal berkelanjutan, serta sustainable development goals (SDGs), khususnya terkait isu sosial dan lingkungan.

Sebagai puncak acara, diselenggarakan seminar dan talkshow nasional bertajuk “Sinergi Harmoni: Menuju Pembangunan Lokal Berkelanjutan” dengan menghadirkan berbagai pembicara dari pihak PT Gag Nikel dan penerima manfaat program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) PT Gag Nikel.

Ada pun implementasi kolaborasi antara PT Gag Nikel dengan FISIP Unpad diawali melalui kajian oleh Pusat Studi CSR-KSPM mengenai Social Return on Invesment (SROI) dan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) pada tiga program CSR/PPM unggulan PT Gag Nikel, yaitu program pengelolaan lingkungan reklamasi pasca tambang, program konservasi penyu, dan program pertanian sayur mayor.

Pusdi CSR-KSPM bersama PT Gag Nikel juga berkolaborasi menulis karya ilmiah terpublikasi melalui buku dan artikel. Kajian tersebut dilakukan sebagai bentuk ketaatan PT. Gag Nikel dalam memenuhi tanggung jawab perusahaan terhadap bidang sosial dan lingkungan, khususnya terkait Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 1 Tahun 2021 Tentang Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup. (arm)*