Selasa, 21 Mei 2024
Perguruan Tinggi

FMIPA Latih Dosen Menginput Data Portofolio Dalam Pengembangan Website FMIPA

FMIPA Latih Dosen Menginput Data Portofolio Dalam Pengembangan Website FMIPA

Dalam rangka pengembangan sistem informasi pelayanan dan tata Kelola FMIPA Unimed, Dekanat FMIPA melakukan pengembangan terhadap website FMIPA. Salah satu bagian penting dalam pengembangan website FMIPA adalah menambahkan menu akademik dan penelitian. Menu tersebut menyajikan informasi kinerja dosen dalam melakukan kegiatan Tridarma Perguruan Tinggi. Website yang dikembangkan mampu menyatukan data dan informasi portofolio dosen yang tersebar pada berbagai website ke dalam satu pengolahan database perguruan tinggi. Untuk memaksimalkan kelengkapan data portofolio dosen pada website, setiap dosen diharapkan juga melakukan pemutakhiran data secara manual.

FMIPA melatih perwakilan dosen dari masing-masing prodi di FMIPA dalam penginputan data portofolio dosen pada website FMIPA pada 2 Agustus 2023 dengan narasumber tim pengembang website yang terdiri dari dosen dan mahasiswa. Pelatihan ini dihadiri oleh fungsionaris FMIPA seperti Dekan, Wakil Dekan 1, Wakil Dekan 2, Wakil Dekan 3, Ketua Jurusan dan Koordinator Penjaminan Mutu. Pada sambutannya, Dekan FMIPA Unimed, Prof. Dr. Fauziyah Harahap, M.Si menyampaikan bahwa pengembangan website FMIPA Unimed perlu dilakukan sebagai upaya pengembangan sistem informasi pelayanan dan tata Kelola FMIPA. Website ini tentunya dapat menjadi media informasi dan komunikasi untuk lebih mengenalkan FMIPA kepada Stakeholder dan masyarakat luas. Website FMIPA selama ini belum menyajikan informasi terkait data portofolio dosen. Melalui website FMIPA yang baru, diharapkan stakeholder dan masyarakat dapat lebih mudah mendapatkan informasi tentang kinerja dosen. Oleh sebab itu, pemutakhiran data portofolio dosen perlu menjadi perhatian bersama.

Didi Febrian, S.Si.,M.Sc (Dosen Prodi Matematika) sebagai narasumber pertama menjelaskan menu-menu yang tersedia pada website FMIPA. Melalui simulasi, peserta dapat melihat perubahan website FMIPA dibandingkan website sebelumnya. Selanjutnya Dr. Eng. Mansur AS, S.Kom.,M.T (Dosen prodi Ilmu Komputer) sebagai narasumber kedua menyampaikan bahwa website FMIPA menyediakan laman akun dosen. Setiap dosen akan mendapatkan ID dan password untuk masuk pada akunnya masing-masing. Pada laman dosen tersebut, dosen dapat melakukan perubahan data profil dosen, penambahan luaran-luaran penelitian seperti artikel, buku dan bukti kinerja lainnya secara manual. Hal itu perlu dilakukan, khususnya pada data-data yang tidak tersedia di SINTA dan Google Scholar. Pada sesi pelatihan, setiap peserta melakukan penginputan data untuk pemutakhiran data portofolionya masing-masing. Kegiatan pelatihan ini dibantu oleh dua mahasiswa yaitu Karimuddin Hakim Nasution dan Angga Warjaya dari prodi Ilmu Komputer

Pada penutupan kegiatan pelatihan, Dekan FMIPA menyampaikan harapan kepada peserta pelatihan untuk menyebarkan ilmu dan pengalaman selama pelatihan kepada dosen lain di prodi masing-masing. Harapannya setiap dosen memiliki kemampuan dan kesadaran tinggi dalam melakukan pemutakhiran data portofolio yang dimilikinya.(Humas Unimed)