Minggu, 19 Mei 2024
Sekolah Menengah Pertama

“BREE WENGKER” SMP NEGERI 1 PONOROGO DALAM KIRAB PUSAKA

PONOROGO (SMPN 1) – Grebeg Suro, agenda tahunan dari Kabupaten Ponorogo yang masih terus dilestarikan. Salah satu kegiatannya adalah Kirab Pusaka dan Pawai Lintas Sejarah yang dimeriahkan oleh seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Ponorogo, instansi-instansi daerah, dan sekolah-sekolah di Ponorogo, tak terkecuali dari SMP Negeri 1 Ponorogo, Selasa (18/7/2023).

SMP Negeri 1 Ponorogo mengusung tema kerajaan Bree Wengker, kerajaan yang ada di Ponorogo yang mana wilayah kekuasaan Kerajaan Wengker ini meliputi Gunung Wilis hingga Gunung Lawu. Dengan menyuguhkan tema tersebut, harapannya di era modern ini, pelajar tidak pernah melupakan sejarah.

Kepala SMP Negeri 1 Ponorogo, Drs. H. Imam Mujahid, M.A., mengucapkan, “Raja dan Permaisuri Bree Wengker dalam Kirab Pusaka ini merupakan peserta didik pilihan. Selain tampil dengan memukau, penampilan dalam Kirab Pusaka dan Pawai Lintas Sejarah ini selaras dengan tema kirab, yang mana kita dapat mencintai budaya tradisional, menghargai warisan nenek moyang, dan melestarikan ragam budaya tanah air.”

Animo masyarakat dalam menyaksikan Kirab Pusaka dan Pawai Lintas Budaya sangat tinggi. Jalur yang dilalui dalam kirab ini dimulai dari Makam Batoro Katong, kemudian dilanjutkan melalui jalan Batoro Katong-Jl Ahmad Dahlan-Jl HOS Cokroaminoto-Jl Jend. Sudirman dan berakhir di Aloon-aloon Ponorogo.

Agenda tahunan ini menjadi salah satu acara yang dinanti-nantikan masyarakat Ponorogo dan sekitarnya. Tentunya dengan adanya agenda ini dapat melestarikan kebudayaan daerah dan menambah kecintaan pada warisan budaya bangsa.