Senin, 20 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Selami Kehidupan Nelayan, Mahasiswa Perikanan UNJA Magang MBKM di Pelabuhan Samudera Bungus

Selami Kehidupan Nelayan, Mahasiswa Perikanan UNJA Magang MBKM di Pelabuhan Samudera Bungus

SUMBAR,- Tim mahasiswa Program Studi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan Fakultas Peternakan (FAPET) Universitas Jambi (UNJA) melaksanakan kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Magang Dudi di Pelabuhan Perikanan Samudera Bungus, Sumatera Barat selama 3 bulan pada Oktober – Desember 2023.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 10 mahasiswa angkatan 2021, yaitu: Jessyca Andhini, Deti Paramita, Ernawati Damanik, Erline Margareth Sitanggang, Khairun Najah, Laila Nurfadillah, Safitriani, Joe Andolin Pardosi, Jecky Silaban, dan Hendrizon Purba.

Mengusung tema “Sustainable Fisheries” kegiatan ini merupakan kegiatan MBKM Prodi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan yang pertama kali diadakan di Pelabuhan Perikanan Samudera Bungus.  Diharapkan mahasiswa dapat memperoleh pengetahuan dengan menggali banyak informasi baik di lapangan maupun perdataan perikanan, mengetahui kondisi perikanan Indonesia saat ini, serta ikut andil dalam meningkatkan sektor perikanan Indonesia yang berkelanjutan dan perkembangan penangkapan ikan terukur.

Adanya program ini bertujuan untuk mengetahui sektor perikanan tuna bagian barat Sumatera karena pelabuhan perikanan samudera ini merupakan sentra tuna terbesar di bagian barat. Pelabuhan perikanan ini juga dikelola langsung oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia sehingga para mahasiswa magang bisa belajar langsung dengan para pegawai pelabuhan dan nelayan di sana.

Perihal persiapan awal yang dilakukan sebelum mengikuti magang adalah dengan mengadakan pembekalan kepada seluruh mahasiswa oleh para dosen perikanan dan kaprodi secara offline. Pembekalan berisi arahan pembuatan timeline, logbook, hingga laporan magang nantinya.

Salah satu anggota tim mengungkapkan bahwa melalui kegiatan ini diharapkan mahasiswa perikanan UNJA mampu berkontribusi untuk perikanan di Indonesia.

“Harapannya semoga kegiatan ini dapat terus berlanjut ke depannya agar mahasiswa perikanan Universitas Jambi bisa berkontribusi dalam kegiatan keberlanjutan perikanan Indonesia,” ungkapnya.

Kaprodi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan, Lisna, S.Pi., M.Si. mengharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan dampak positif kepada para mahasiswa.

“Kegiatan magang ini diharapkan memberikan dampak positif terhadap ilmu pengetahuan mahasiswa terkait aktivitas, fasilitas, serta kegiatan yang ada di lingkup pelabuhan perikanan serta menambah wawasan dan pengalaman mahasiswa terhadap kehidupan sosial masyarakat nelayan yang berada di lingkungan Pelabuhan Perikanan Samudera Bungus,” ucap beliau.

Dimas Anugrah Adiyadmo / Yulia / HUMAS