Jumat, 17 Mei 2024
Sekolah Menengah Pertama

76 Tahun Indonesia Merdeka Di Tengah Pandemi

76 Tahun Indonesia Merdeka Di Tengah Pandemi

Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia

Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan umum diselenggarakan dengan tjara saksama dan dalam tempo jang sesingkat-sesingkatnja.

Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 05

Atas nama bangsa Indonesia

Soekarno/Hatta

Kalimat utuh tersebut selalu dibacakan pada detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia setiap tahunnya pada tanggal 17 Agustus. Seperti tahun ini pada 17 Agustus 2021 menjadi momentum peringatan kemerdekaan bangsa Indonesia yang ke-76. Sudah hampir 76 tahun Indonesia merdeka dari penjajahan bangsa asing. Namun sayangnya, acara kemerdekaan ini juga menjadi tahun kedua diselenggarakan dengan cara yang berbeda lantaran kondisi pandemi Covid-19. Jika sebelum dua tahun ini acara kemerdekaan selalu diselenggarakan dengan suka cita diisi dengan berbagai kegiatan perlombaan baik ditingkat daerah hingga nasional, namun berbeda dengan tahun ini dan lalu. Penyelenggaraan upacara kemerdekaan tahun ini pun hanya diselenggarakan dengan protokol kesehatan yang ketat. Jika biasa kita lihat di televisi upacara kemerdekaan diselenggarakan dengan meriah didatangi oleh berbagai tokoh diiringi dengan pasukan pengibar bendera dan pertunjukka marching band  maka tahun ini sangat dibatasi peserta dan acaranya.

Tidak berbeda dengan penyelenggaran upacara kemerdekaan di SMP Negeri 1 Purworejo, upacara kemerdekaan diselenggarakan di aula sekolah dihadiri oleh Bapak, Ibu dan juga staff SMP N 1 Purworejo dan beberapa tamu undangan. Jika biasanya pasti dilakukan secara serentak bersama dengan siswa siswi SMP N 1 Purworejo dan diikuti dengan lomba-lomba maka tahun ini hanya diselenggarakan secara sederhana namun tetap khidmat. Walaupun demikian sebagai warga negara Indonesia yang baik kita dapat mengisi kemerdekaan dengan berbagai cara misalnya berbagai foto twibbon kemerdekaan, mengikuti ajang lomba nasional yang diselenggarakan oleh pemerintah dan tentu saja terus mematuhi protokol kesehatan agar pandemi Covid-19 dapat teratasi.