Minggu, 28 April 2024
Sekolah Menengah Pertama

Pawai Profil Pelajar Pancasila Meriahkan HUT SMPN 1 Purworejo ke 80

Pawai Profil Pelajar Pancasila Meriahkan HUT SMPN 1 Purworejo ke 80

KORANJURI.COM – Memeriahkan peringatan HUT SMPN 1 Purworejo ke 80 dan Lustrum ke XVI, ratusan peserta terdiri dari siswa, guru, karyawan dan alumni, serta orangtua siswa, mengikuti Pawai Profil Pelajar Pancasila, Selasa (18/10/2022).

Pawai tersebut merupakan salah satu dari serangkaian kegiatan yang telah dipersiapkan pihak sekolah, yang bertujuan untuk memasyarakatkan Kurikulum Merdeka kepada masyarakat, lebih inti lagi pada profil Pelajar Pancasila, dimana ada 6 elemen didalamnya, beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bernalar kritis, bergotongroyong, inovatif dan kreatif.

“Rute pawai sepanjang 4 km, dari sekolah, jl. Mayjend Sutoyo, keliling alun-alun, jl Jenderal Sudirman, lalu kembali ke sekolah,” jelas Tuwuh Sutrisno, S.Pd., M.M.Pd., Kepala SMPN 1 Purworejo usai kegiatan.

Dalam barisan depan pawai, tampak grup marching band Gita Buana Spensa menunjukkan kemampuannya, diikuti kelompok siswa perkelas dengan ide kreatifnya menampilkan hasil karyanya masing-masing. Ada yang memanfaatkan barang bekas/daur ulang, menampilkan budaya dan agama, serta pakaian adat se tanah air.

Menurut Tuwuh, setelah pawai Profil Pelajar Pancasila ini digelar, kegiatan dilanjutkan dengan lomba-lomba pada Rabu (19/10/2022) seperti lomba tumpeng antar kelas, pemeran oleh orangtua siswa, dan pentas wayang kulit pada malam harinya dengan dalang Ki Gunawan Hadi Widodo (alumni 95) beserta bintang tamu Mimin dan Apri.

Pada Kamis (20/10/2022), akan digelar resepsi ulang tahun sekolah yang rencana akan dihadiri Bupati Purworejo, Agus Bastian. Hari selanjutnya, Jum’at (21/10/2022) ada lomba menyanyi. Pada Sabtu (22/10/2022) ada Reuni Akbar seluruh angkatan, dengan angkatan tertua tahun 1953.

“Ada 900 alumni yang sudah mendaftar. Dalam reuni akbar ada pemberian bantuan sosial sebagai kepedulian alumni terhadap guru, karyawan dan siswa. Juga ada pentas dari alumni, mantan guru dan pengajar dan penampilan seni srunthul. Untuk MCnya, dari Komika Jogja,” ungkap Tuwuh, didampingi Ketua Komite Agus Budi Supriyanto.

Disampaikan pula, pada Sabtu pagi itu tim marching band Gita Buana Spensa tampil di kejuaraan Piala Raja dengan nomer undi 4. Pada Minggu (23/10/2022), dengan no urut 1, grup marching band Gita Buana Spensa konser di GOR Among Rogo, Yogyakarta.

Adanya pawai Profil Pelajar Pancasila dengan menampilkan grup/tim marching band Gita Buana Spensa, sebagai ajang pemanasan dan cek fisik serta evaluasi tim sebelum lomba di Yogyakarta.

“Tema HUT ke 80 ini, Guyub, Gayeng, Grengseng. Guyub, menyatukan antara alumni yang tergabung dalam Pedji dengan yang masih aktif, Gayeng itu menyenangkan dan Grengseng itu meriah,” jelas Tuwuh, sambil menambahkan, bahwa seluruh pendanaan kegiatan berasal dari alumni.

Harapan kedepannya, kata Tuwuh, kegiatan-kegiatan sekolah didukung para alumni. Lewat alumni juga bisa memasyarakatkan apa yang diprogramkan sekolah. Kebutuhan-kebutuhan alumni dicukupi sekolah, sehingga ada ikatan batin bahwa semua satu keluarga.

Bagi sekolah, menurut Tuwuh, dengan kerjasama ini kegiatan sekolah lancar dan dapat meningkatkan prestasi dan pada akhirnya, visi sekolah dapat tercapai sebagai sekolah idola di Kabupaten Purworejo. (Jon)

Sumber : http://koranjuri.com/pawai-profil-pelajar-pancasila-meriahkan-hut-smpn-1-purworejo-ke-80/