Selasa, 07 Mei 2024
Perguruan Tinggi

3rd INNODEL 2023 Pemanfaatan Artificial Intelligence

3rd INNODEL 2023 Pemanfaatan Artificial Intelligence

Inovasi terhadap pembelajaran terbuka dan jarak jauh terus dilakukan oleh perguruan tinggi pelopor Pendidikan tinggi terbuka dan jarak jauh yaitu Universitas Terbuka (UT). Setelah sukses mengadakan perhelatan International Conference on Innovation in Open and Distance Learning (INNODEL) di Denpasar tahun lalu, Kini 3rd International Conference on Innovation in Open and Distance Learning (INNODEL 2023) diselenggarakan di kota pelajar. Mengangkat tema “Emerging Technology in Open and Distance Education: Opportunity, Agility, and Adaptability – Special Feature: Artificial Intelligence for Better Education” diselenggarakan oleh Pusat Riset dan Inovasi Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (PRI-PTJJ), Lembaga Penelitian dan Pengadian kepada Masyarakat (LPPM), Universitas Terbuka (UT) pada tanggal 23—24 Oktober 2023 di Hotel Royal Ambarukmo, Yogyakarta.

INNODEL 2023 terdiri atas (A) Panel Session dengan keynote speakers: Dr. Kinshuk (Dean of the College of Information at the University of North Texas), Prof. Vanessa Paz Dennen (Professor of Instructional Systems & Learning Technologies, Florida State University, USA), Prof. Ghassan Beydoun (Professor of Information Systems at University of Technology Sydney, Australia), Yunandha Indrakusumah, BICT Hons. (PT Telkom, Indonesia), dan Prof. Maria Mercedes T. Rodrigo (Professor at the Department of Information Systems and Computer Science of The Ateneo de Manila University, The Philippines); (B) Workshop dengan topik (1) Designing AI for education, (2) Designing AR/VR/XR learning object, (3) Tailoring OER-based/smart learning materials, dan (4) Penggunaan aplikasi Jobkred kaitan antara lulusan universitas dan kebutuhan kerja; (C) Paralel Session dengan topik: (1) Emerging Technologies in Education – EDUVERSE, (2) E-content Management and Development, (3) Technology in Teaching and Learning, (4) Pedagogical Innovations, (5) New Trends in Research and Innovation in ODL, (6) University-Industry Cooperation for Lifelong Learning; (D) Pameran UMKM dan Poster Hasil Riset;

Pada laporannya Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Terbuka, Dewi Artati Padmo Putri menyampikan UT merupakan satu-satunya universitas yang menerapkan pembelajaran terbuka dan jarak jauh. Karena itu menurutnya dengan adanya INNODEL maka UT menjadi pelopor di bidang pendidikan jarak jauh. Tujuan kegiatan Konferensi ini adalah untuk mengangkat isu-isu menarik dan kekinian terkait inovasi dalam pembelajaran terbuka dan jarak jauh sebagai forum berbagi, diskusi, dan konsultasi. Sangat menarik untuk melihat bahwa pendidikan jarak jauh modern yang dianggap sebagai pilihan terakhir bagi pelajar, kini menjadi peluang yang layak bagi penyelenggara pendidikan dan pelajar di pendidikan tinggi.

Selanjutnya Rektor UT, Prof. Ojat Darojat, M.Bus Ph.D. menyampaikan sambutannya tentang Artificial Intelligence (AI) yang sangat bermanfaat bagi UT untuk berbagai hal untuk pengembangan pembelajaran bagi mahasiswa UT. Rektor  membuka  secara resmi acara INNODEL 2023   dengan  simbolis memanah melepaskan anak panah sebagai  seremoni khas daerah Jawa, disertai kemeriahan gamelan Jawa. Dalam pembukan acara INNODEL 2023 tersebut, turut hadir Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta, Dr, Didik Wardaya, S.E., M.Pd. Melalui INNODEL,  UT dapat terus berinovasi untuk menyerap hasil-hasil riset  bidang teknologi, terutama terkait teknologi pendidikan sehingga UT dapat mengadaptasi setiap perkembangan di era digital. Pengintegasian teknologi dalam proses pendidikan adalah sesuatu yang harus dilakukan dan tidak bisa dihindarkan. Dengan demikian kualitas pendidikan UT ke depannya akan semakin meningkat.