Jumat, 10 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Kepala HUMAS UNJA Bagikan Kunci Sukses Kepemimpinan di Manajemen Talenta Polri 2023

Kepala HUMAS UNJA Bagikan Kunci Sukses Kepemimpinan di Manajemen Talenta Polri 2023

JAMBI,- Koordinator Pusat Dokumentasi dan Informasi Publik Universitas Jambi (HUMAS UNJA), Mochammad Farisi, S.H. LL.M., menjadi narasumber utama dalam kegiatan ‘Manajemen Talenta Polri T.A 2023’ yang digelar oleh Biro SDM Polda Jambi, dengan materi ‘Leadership Transformatif di Era Digital’ pada Kamis, 2 November 2023 di Resort Rumah Kito Jambi.

Dalam paparannya, Mochammad Farisi, S.H. LL.M. menjelaskan materi terkait kepemimpinan yang transformatif, artinya mampu menjadi pemimpin yang baik dan dapat membawa perubahan di era yang sudah serba digitalisasi.

Beliau juga menjelaskan bahwa kesuksesan itu dipengaruhi oleh 2 hal yaitu 20% hard skill dan 80% soft skill. Hard skill adalah pengetahuan yang kita dapatkan sejak zaman sekolah hingga di perguruan tinggi, sedangkan soft skill adalah keterampilan yang bisa diterapkan untuk semua profesi.

“Kalau mau sukses bapak ibu harus menguasai ilmu komunikasi, skill dalam berorganisasi, skill leadership, berfikir logic, mempunyai effort daya juang yang tinggi, bekerja sama dalam tim, dan etika,” ungkap Korpus HUMAS UNJA.

“Setelah saya pelajari tentang nilai Pancasila yang ke-4, orang yang hikmat dan bijaksana adalah orang yang alim lagi berilmu, artinya yang layak memimpin bangsa ini adalah orang yang bertakwa dan juga berilmu,” jelas beliau.

Beliau menuturkan bahwa selalu menjadikan Al-Quran sebagai landasan hidupnya. Beliau juga mengatakan bahwa menjadi seorang pemimpin harus bermoral Pancasila. Pemimpin juga harus mampu berkolaboratif dengan anggotanya harus seperti memberikan keteladanan, menghargai anggota, jangan arogan dan sok berkuasa, bina hubungan formal dan informal, serta bijak dalam memberikan perintah.

Acara diakhiri dengan penyerahan plakat kepada Korpus HUMAS oleh pihak Polda Jambi.

Dimas Anugrah Adiyadmo / Juwita / HUMAS 

Foto: Rusnanee