Minggu, 28 April 2024
Sekolah Menengah Atas

WORKSHOP PEMBELAJARAN BERBASIS IT SEBAGAI PENUNJANG PROSES MENGAJAR

Sabtu (06/11/2023) SMAN 1 Puri mengadakan workshop Pembelajaran Berbasis IT. Mendatangkan dua pemateri yaitu bapak Feriyanto, M.Pd dan Ibu Wiwik Mardiana, S.Pd., M.Hum. Kegiatan Workshop dilaksanakan dari pukul 07.00 WIB yang bertempat di Aula Atas SMAN 1 Puri (Gedung Tribuana). Acara dibuka dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang dipimpin oleh Ibu Intan Nurmawaddah, S.Psi dilanjutkan dengan do’a bersama oleh Bapak  Satria Dilaga Andilala, STdan sambutan dari Kepala SMAN 1 Puri, Ibu Herni Sudar Peristiwanti, S.Pd., M.Pd.

 

 

Workshop Pembelajaran Berbasis IT dibagi menjadi 4 materi yaitu, Inovasi Pembelajaran dengan Teori PDIA, Penggunaan Ragam TIK dalam Pembelajaran, dan Skenario Pembelajaran dan Pemanfaatan Canva dalam Pembelajaran (Pembuatan Presentasi, Video, Classroom). 

 

Sesi pertama dimulai dengan Pembelajaran dengan Teori PDIA. Bapak Feriyanto mengajak Bapak/Ibu GTK (Guru dan Tenaga Kependidikan) untuk membuat dompet dari kertas origami. Dompet yang dibuat harus memiliki spesifikasi yang telah ditentukan. Dompet yang sudah dibuat, kemudian  dipresentasikan sesuai dengan kelompok guru mata pelajaran. Kegiatan terasa lebih menarik karena Bapak/Ibu GTK sangat bersemangat dalam proses pembuatan dompet. 

 

Materi selanjutnya adalah Penggunaan Ragam TIK dalam Pembelajaran. Di sesi ini Bapak/Ibu diajak untuk mempelajari tentang website-website yang dapat dimanfaatkan sebagai sarana pembelajaran. Mulai dari Quizizz, Geogebra termasuk Canva. Bapak/Ibu GTK juga diarahkan untuk mencoba salah satu website AI yaitu Scribble Diffusion yang dapat membuat gambar hanya dengan deskripsi dan gambar singkat yang diberikan.

 

 

Sesi terakhir yakni materi Pemanfaatan Canva dalam Pembelajaran. Ibu Wiwik membahas detail tentang bagaimana membuat desain menggunakan canva, membuat presentasi dengan canva dan lainnya. Bapak/Ibu GTK dipandu oleh Ibu Wiwik untuk membuat desain presentasi sebagai sarana pembelajaran di kelas. 

 

 

Melalui kegiatan Workshop Pembelajaran Berbasis IT di SMAN 1 Puri, Ibu Kepala SMA Negeri 1 Puri, Ibu Herni Sudar Peristiwanti, S.Pd., M.Pd berharap agar para Bapak/Ibu guru serta para Tenaga Kependidikan dapat lebih bersungguh-sungguh untuk membimbing peserta didik.