Senin, 20 Mei 2024
Sekolah Menengah Atas

Penghargaan Adiwiyata Mandiri Tahun 2023

KLHK memberikan penghargaan Sekolah Adiwiyata Tahun 2023 di Jakarta, Selasa (17/10). Menteri LHK Siti Nurbaya menyerahkan langsung penghargaan Adiwiyata Mandiri kepada 134 sekolah dan Adiwiyata Nasional kepada 417 sekolah.

Penerima penghargaan Adiwiyata dinilai telah berhasil menerapkan praktik-praktik baik dan perilaku ramah lingkungan hidup di sekolah dan sekitar sekolah. Dalam pelaksanaannya, mereka juga melaksanakan Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (GPBLHS).

SMA Negeri 1 Kroya merupakan salah satu sekolah di Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Tengah yang mampu meraih penghargaan Adiwiyata Mandiri Tahun 2023 tersebut.

Pencapaian gemilang SMAN 1 Kroya berhasil meraih penghargaan “ADIWIYATA MANDIRI”. Penghargaan Adiwiyata Mandiri diberikan sebagai apresiasi kepada SMAN 1 Kroya yang mampu melaksanakan Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup Sekolah (GPBLHS) sebagai upaya peningkatan pendidikan lingkungan hidup, berkarakter, dan berwawasan global, sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan.

Penghargaan Adiwiyata Mandiri SMAN 1 Kroya, diberikan secara langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia pada tanggal 17 Oktober 2023 di Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Jakarta.

Saat ini berbagai fasilitas yang ada di sekolah kami diantaranya adalah
1. Laboratorium Tanaman Langka
2. Laboraturium bahasa,
3. Laboraturium komputer,
4. Laboraturium Kimia,
5. Laboraturium Fisika,
6. Laboraturium Biologi,
7. Lapangan Olahraga,
8. Ruang Podcast
9. Ruang Musik
10. Ruang Adiwiyata
11. Tempat isi ulang air siap minum (Filter Osmosi)
12. Perpustakaan,
13. Mushola,
14. Gasebo,
15. Kolam Ikan,
16. Ruang Terbuka Hijau,
17. Taman Baca,
18. Pendopo,
19. Green House,
20. Bunker Sampah,
21. Komposter,
22. Bank Sampah,
23. Aula,
24. Area Parkir,
25. Koneksi Internet yang memungkinkan peserta didik belajar secara mandiri.

SMA Negeri 1 Kroya juga telah menciptakan produk inovasi yang berhasil dipamerkan pada saat penganugerahan Adiwiyata Mandiri di Jakarta, berikut merupakan produk unggulan kami:
1. Mie Lobak Putih (Milopu)
2. Serbuk Jahe Organik
3. Calmine (Lilin Aromatherapy)
4. Ecoprinting
5. Mijel (Minyak Jelantah) untuk sabun cuci tangan
6. Eco Enzyme
7. POC
8. Kompos daun
9. dll