Minggu, 05 Mei 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

RANGKAIAN KEGIATAN PILKASIS PERIODE 2021/2022

Dengan mengusung tema “Membentuk Pemimpin yang Berintegritas dan K3 (Kreatif, Kritis, dan Komunikatif) di Era Generasi Z”. SMK Dinamika Pembangunan 2 Jakarta melalui Organisasi Intra Sekolah (OSIS) periode 2020/2021 menggelar agenda Pemilihan Ketua, Wakil Ketua, dan Sekaligus Para Anggota OSIS untuk periode selanjutnya yaitu 2021/2022.

Pelaksanaan PILKASIS diawali dengan proses pendaftaran online yang ditujukan untuk seluruh siswa siswi kelas X dan kelas XI, yang memiliki minat untuk menjadi calon anggota OSIS periode 2021/2022 yaitu pada tanggal 25 – 30 Oktober 2021. Hasil dari proses pendaftaran diperoleh sebanyak 88 siswa yang mendaftarkan diri dalam kegiatan PILKASIS yang selanjutnya dilakukan proses seleksi, yaitu seleksi wawancara melalui media video call WhattsApp yang di laksanakan pada tanggal 2 November 2021, wawancara lakukan oleh pembina osis yaitu Ibu Gita Ayu Anggar Pratiwi, S.Pd., pembina ekskul Bapak Dwisus Fitra Nurachman, S.Pd., serta perwakilan panitia PILKASIS, sedangkan untuk seleksi atau tes akademik (online) dilaksanakan pada tanggal 3 November 2021 melalui media google form. Berdasarkan hasil seleksi hanya 84 siswa yang mengikuti segenap rangkaian kegiatan seleksi PILKASIS.

Setelah berlangsungnya tes wawancara dan tes akademik, maka pada tanggal 5 November dilaksanakan sidang pleno bersama Pembina OSIS, Pembina Ekstrakurikuler serta seluruh panitia PILKASIS untuk menentukan 10 siswa terpilih, yaitu terdiri dari 5 orang calon kandidat ketua OSIS dan 5 orang calon wakil ketua OSIS periode 2021/2022, kemudian pada keesokan harinya pada tanggal 6 November 2021 dilanjutkan dengan dilaksanakannya Tes Interview secara langsung (luring) oleh Pembina OSIS, Guru Bimbingan Konseling, dan ketua OSIS. Setelah terlaksananya berbagai tahapan maka ditetapkan 6 siswi terpilih sebagai calon ketua dan wakil ketua OSIS periode 2021/2022.

Adapun nama-nama calon dan nama masing-masing partai tersebut adalah:

PARTAI MALUKU:

Calon Ketua: Amelia Damayanti – XI OTKP 2

Calon Wakil Ketua: Dina Oktavia dari kelas X AKL 2

 

PARTAI PAPUA:

Calon Ketua: Julia Indah Widia Saki – XI BDP 4

Calon Wakil Ketua: Aisyah Ajmil Naisuur – X BDP 3

 

PARTAI ACEH:

Calon Ketua: Nadia Fadilah – XI BDP 2

Calon Wakil Ketua: Zulha Siti Nur Hidayat – X AKL 1

 

Rangkaian kegiatan PILKASIS dilanjutkan oleh masa kampanye yang dimulai dari tanggal 10 November 2021 hingga tanggal 20 November 2021. Kegiatan kampanye dilakukan secara online dan offline yang dapat disaksikan langsung oleh seluruh siswa-siswi SMK Dinamika Pembangunan 2 Jakarta. Media kampanye online yang digunakan yaitu berupa Foto/ Poster para calon kandidat serta melalui Video kampanye penyampaian Visi dan Misi para calon kandidat, dan semua itu dapat di akses pada laman instagram @osismpkdinamika_ (https://instagram.com/osismpkdinamika_?utm_medium=copy_link). Sebagai bentuk kerjasama seluruh warga sekolah, maka poster dan video kampanye juga dibagikan kepada bapak ibu wali kelas agar dapat diteruskan kepada siswa-siswi perwaliannya.  Sedangkan kampanye offline dilakukan secara langsung dilaksanakan bertepatan dengan jadwal PTM-T sekolah, yaitu pada tanggal 15, 17, dan 19 November 2021. Kegiatan berlangsung secara meriah dan penuh semangat.

Tahapan PILKASIS berikutnya ialah “Debat Kandidat Calon Ketua dan Calon Ketua OSIS Periode 2021/2022” yang dilaksanakan pada tanggal 20 November 2021. Kegiatan Debat dilaksanakan di Aula Lantai 4 Gedung C SMK Dinamika Pembangunan 2 Jakarta, dan disiarkan secara live melalui Akun Resmi YouTube Yayasan Al Wathoniyah Asshodriah 9, kita dapat menyaksikan kembali live delaynya melalui link berikut: https://youtu.be/qgLuXrJuj9w Acara Debat Kandidat tersebut dihadiri oleh:

  1. Kabag & Kabiro. SDM, Bapak Drs. Ngatmin, M.Pd.
  2. Kepala SMK Dinamika Pembangunan 1 Jakarta, Bapak Mulyana, S.H., M.M
  3. Kepala SMK Dinamika Pembangunan 2 Jakarta, Bapak Saman, S.E., M.M,
  4. Wakil Kepala Sekolah Bid. Kesiswaan SMK Dinamika Pembangunan 1-2 Jakarta.
  5. Pembina OSIS dan Ekstrakurikuler SMK Dinamika Pembangunan 1-2 Jakarta.
  6. Serta dipandu MC berbakat Raka Zahiran dan Nazwa Amelia Mulyani.

 

Tujuan diadakannya debat kandidat ini ialah sebagai sarana penyampaian Visi, Misi, serta program kerja para kandidat ketika terpilih nanti sebagai Ketua dan Wakil ketua OSIS periode baru. Kegiatan debat berjalan dengan lancar dan penuh antusisas, sehingga menghidupkan suasana debat yang sangat menarik. Adapun proses debat kandidat ini ialah sebagai proses munculnya ide serta gagasan-gagasan hebat untuk memajukan OSIS SMK dinamika Pembangunan 2 Jakarta. Proses debat juga dapat melatih para calon kandidat agar mampu memecahkan masalah dan menentukan solusi atas berbagai situasi dikemudian hari selama menjabat sebagai pemimpin di lingkuungan OSIS SMK Dinamika Pembangunan 2 Jakarta.

Dengan telah berjalannya seluruh rangkaian serta tahapan untuk menemukan Calon Ketua dan Wakil Ketua OSIS terpilih, tibalah saatnya kita sebagai siswa-siswi SMK Dinamika Pembangunan 2 Jakarta untuk memilih Pasangan Calon kandidat Ketua dan wakil ketua OSIS yang diharapkan dapat menerima aspirasi dan senantiasa berkolaborasi dengan berbagai kegiatan siswa dibawah naungan OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) di masa periode baru 2021/2022. Adapun kegiatan Pemilihan Calon Ketua dan Calon Wakil Ketua OSIS akan dilaksanakan pada hari Senin, 22 November 2021 mulai pukul 07.00 sampai dengan pukul 14.00 W.I.B melalui media Google Form.

“Marilah Sama-Sama Kita Wujudkan OSIS SMK Dinamika Pembangunan 2 Jakarta menjadi PEMIMPIN YANG BERINTEGRITAS DAN K3 (KREATIF, KRITIS, DAN KOMUNIKATIF) DI ERA GENERASI Z”.