Sabtu, 27 April 2024
Sekolah Menengah Atas

Bersih-Bersih Kali, Siswa SMA WH2 Tidak Risih

Bersih-Bersih Kali, Siswa SMA WH2 Tidak Risih

  Sidoarjo– Sebagai bentuk kepedulian dengankebersihan sungai, peserta didik di bawah naungan Yayasan Pendidikan Maarif (YPM) mengadakan kegiatan Jumat Bersih Gabungan, yaitu membersihkan Sungai Pelayaran yang ada di wilayah Desa Tawangsari, Taman, Sidoarjo.

Kegiatan yang diikuti oleh ratusan siswa dari SMP YPM 1, SMA Wachid Hasyim 2,SMK YPM 1, SMK YPM 2 SMK YPM 3 Taman ini diadakan pada Jumat (15/22/2023). Peserta yang ikut  kegiatan adalah mereka yang tergabung dalam  Sekolah Hutan Waqaf (SHW). SHW sendiri adalah wadah bagi peserta didik dan guru yang konsen pada penyelamatan lingkungan. Saat ini SHW lebih fokus pada penanaman dan perawatan hutan waqaf yang ada di Ngembat Mojokerto.

Kegiatan bersih-bersih sungai ini juga dijadikan ajang konsolidasi dan pemanasan sebelum terjun langsung dan ngecamp di Hutaa Waqaf Ngembat yang dimulai Minggu depoan secara bergelombang.

“Kegiatan nyemplung kali ini selain bertujuan  membersihkan sampah dan tumbuhan liar juga sebagai pemanasan sebelum memulai pendidikan di Sekolah Hutan Waqaf. Karena dalam pendidikan nantinya, mereka tidak hanya menanam dan merawat tanaman di hutan tapi juga dibekali bagaimana mengenali jenis tanah, menghitung carbon, dan juga kemampuan survival,” jelas Agus Setiawan, Waka Kesiswaan SMK YPM 3 Taman yang juga menambahkan bahwa pelaksanaan kegiatan ini setiap 1 semester 1 kali dan rutinitas kegiatannya yaitu 1 bulan 1 kali.

Selain itu,  Agus juga menjelaskan tujuan di laksanakan nya kegiatan ini yaitu meneladani apa yang sudah dicontohkan Nabi Muhammad SAW.

 “Kegiatan ini juga menjadi contoh nyata meneladani apa yang sudah dilakukan Nabi besar kita Nabi Muhammad SAW tentang kebersihan,” terangnya.

Ditambahkan, juga  bahwa kegiatan ini diharapkan bisa berimbas pada masyarakat  untuk bersama-sama menjaga lingkungan sungai agar tetap bersih.

Salah satu  peserta kegiatan Nyemplung Kali,  Febri menjelaskan bahwa salah satu alasan  mengikuti  kegiatan ini  adalah menjaga lingkungan di sekitar sekolah agar sesuai dengan ajaran Islam yaitu kebersihan adalah bagian dari iman juga supaya lingkungan belajar lebih nyaman, bersih dan tidak ada wabah penyakit.

“Selain itu, kegiatan ini bertujuan untuk menjalin kekompakan para siswa dan siswi sekaligus guru yang ada di kompleks Yayasan Pendidikan Ma’arif (YPM),”  jelas  Febri, Siswi SMK YPM 3.

Sementara itu,  Jihan, salah satu peserta dari SMA Wachid Hasyim 2 Taman  mengatakan bahwa kalau lingkungan bersih dan nyaman tentunya peserta didik akan semakin kerasan. Selain itu, juga semakian mempererat jalinan antar siswa di bawah naungan YPM yang jumlah nya mencapai 21 unit lembaga pendiikan

“Senang kalau ada kegiatan semacam ini. Selain bisa berkontribusi dalam menjaga kebersihan lingkungan, juga memperbanyak teman khususnya anak YPM,” jelasnya. (Jurnalis weha2-Jasmine )