Minggu, 28 April 2024
Sekolah Menengah Atas

Nganggung, Tausiah, dan Shalawatan Bersama, Isra Mi’raj SMANSALI Tahun 1445 H Dipenuhi kehangatan dan Kebersamaan

Nganggung, Tausiah, dan Shalawatan Bersama, Isra Mi’raj SMANSALI Tahun 1445 H Dipenuhi kehangatan dan Kebersamaan

         

Pemali, SMANSALI POS – Isra Mi’raj merupakan mukjizat berupa perjalanan ke langit ketujuh dalam satu malam yang didapat oleh nabi Muhammad SAW , dengan perjalanan dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa. Tepat pada hari Jumat 16 Februari 2024 SMA Negeri 1 Pemali mengadakan Kegiatan Peringatan Isra Mi’raj dengan mengusung tema “Aktualisasi Nilai-Nilai Isra Mi’raj dan Kehidupan Ibadah Di Tengah Terpaan Digitalisasi”.

“Pada peristiwa itu, Nabi akhir zaman kita mendapat perintah untuk melaksanakan kegiatan paling penting dimuka bumi ini, sholat lima puluh waktu. Lalu Nabi kembali menghadap Allah dan pada akhirnya kita melaksanakan sholat fardhu sebanyak lima waktu. Maka dari itu anak-anakku, sholat itu kerjakanlah, apalagi sholat fardhu, untuk mengingatkan bahwa kita semua adalah makhluk yang lemah. Kita harus ingat bahwa kita di dunia saat ini hanya sementara dan kekalnya di akhirat. Momen Isra Mi’raj ini mendekatkan kita dengan sang pencipta. Semoga anak-anakku menjadi anak sholeh dan sholehah, terhindar dari perbuatan yang melanggar dari segala hal yang diharamkan Al-Qur’an,” ungkap Yulham Fridanto mewakili kepala sekolah dalam pembukaan.

Kemudian dilanjutkan dengan acara utama yakni ceramah agama dan doa yang disampaikan oleh Ustadz Arfiandi Akhmadz. “Siapa yang tidak mensyukuri nikmat Allah, maka akan dihilangkan nikmatnya. Maka dari itu jika kita diberikan keberkahan oleh Allah SWT  ,baiknya banyak-banyaklah kita mengucapkan hamdallah, Alhamdulillah. Dengan nikmat tersebut, gunakan sebaik-baiknya, gunakan dijalan Allah.” ungkap ustadz Arfiandi Akhmadz dalam ceramahnya. Selain itu, ustadz Arfiandi Akhmadz juga mengingatkan para siswa untuk selalu mengingat Allah dan Rasul-Nya dengan beristighfar dan bersholawat.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan Budaya Melayu Bangka Belitung yakni nganggung yang diikuti oleh seluruh warga sekolah dan Ustadz.  Selain tausiah dan nganggung, SMA Negeri 1 Pemali juga mengadakan beberapa kegiatan tambahan yang mengasah bakat para siswa/I seperti Lomba Kaligrafi, Lomba Syarhil, dan Cerdas Cermat yang diikuti oleh masing-masing perwakilan kelas.

Harapan diselenggarakannya kegiatan ini agar dapat meningkatkan rasa cinta para siswa/i dan seluruh warga sekolah terhadap Nabi Muhammad SAW. Selain itu, juga untuk mempererat tali silaturahmi dan melestarikan budaya daerah.

Jurnalis: NOVIA PASTIANI & ALYA ADZRA N