Sabtu, 27 April 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

Magang Guru SMK Telkom Bandung

Magang Guru SMK Telkom Bandung

Senin, 4 Maret 2023. Pada rentang 19 Januari 2024 sampai dengan 16 Februari 2024 Program Magang Industri untuk Guru Kompetensi Keahlian Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi SMKS Telkom Bandung dilaksanakan. Beberapa guru yang dikirim untuk menjalani pelatihan ini diantaranya adalah Bapak Fajar Nugraha, M.T., Gr., Bapak Wahyu Nur Saputra, M.T., Gr., Bapak Ryan Noveriand Rawhan, S.T., Gr., dan Ibu Elsa Nur Oktaviar Herawati, S.T.

Magang Guru kali ini, bekerja sama dengan PT. Telkom Akses Bandung Karawang, yang didampingi langsung oleh Pak Dwi Angga, Pak Fariz, Pak Dwi R., Pak Viki, dan Pak Reza. Keempat guru tersebut memperoleh pengalaman industri, baik teori maupun praktik mengenai Safety K3 Umum dan Fiber Optik, Dasar- Dasar Serat Optik, Konfigurasi Fiber To The Home (FTTH), Instalasi Kabel Rumah, Penyambungan Kabel Dropcore, Pengukuran OPM, OLS, OTDR, dan lain sebagainya.

Pak Fajar, Pak Ryan, Pak Wahyu dan Bu Elsa sedang mendengarkan arahan dan instruksi

Melalui kegiatan ini, diharapkan para guru dapat meningkatkan kompetensi yang relevan dengan perkembangan ilmu pengetahuan sesuai dengan kondisi terbaru yang ada di dunia industri. Sehingga, guru bisa mendapatkan pengalaman langsung serta terlibat secara langsung proses kerja di dunia industry. Setelahnya, saat kembali ke sekolah, guru dapat menjadi sumber referensi yang aktual dan faktual bagi para siswa tentang dunia industri terbaru sesuai dengan kompetensi keahlian.