Minggu, 19 Mei 2024
Perguruan Tinggi

DJKI Berikan 25 Sertifikat HKI Paten kepada Peneliti di Kalimantan Barat

DJKI Berikan 25 Sertifikat HKI Paten kepada Peneliti di Kalimantan Barat

Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) telah memberikan penghargaan berupa 25 Sertifikat Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) Paten kepada para peneliti yang berprestasi di Kalimantan Barat. Acara penyerahan sertifikat dilakukan secara langsung oleh Drs. Yasmon, M.L.S., Direktur Paten, DTLST, dan Rahasia Dagang DJKI, yang berlangsung di Hotel Golden Tulip Pontianak.

Pada tanggal 5 Maret 2024, DJKI menyerahkan sertifikat kepada enam judul inovasi dan timnya, sedangkan pada Selasa, 6 Maret 2024, sebanyak 19 judul inovasi dan timnya menerima penghargaan serupa. Langkah ini diharapkan dapat menjadi dorongan besar bagi penelitian dan inovasi di Kalimantan Barat, menjadikan wilayah tersebut sebagai pusat unggulan dalam menciptakan solusi berbasis inovasi untuk berbagai tantangan.

Berikut 6 Judul Invensi dan tim yang menerima sertifikat HKI pada 5 Maret 2024.

Berikut 19 Judul Judul Invensi dan tim yang menerima sertifikat HKI pada Selasa 6 Maret 2024.

Rektor Universitas Tanjungpura (UNTAN), Prof. Dr. Garuda Wiko, S.H., M.Si, mengungkapkan kegembiraannya terhadap pelayanan yang diberikan oleh DJKI, menyebutnya sebagai hari istimewa bagi para inventor. Beliau juga mengapresiasi sosialisasi pelayanan terpadu one-stop-service dari Kementerian Hukum dan HAM yang sangat membantu para peneliti.

“Penyerahan sertifikat Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) kepada peneliti universitas ini akan menjadi pemicu tantangan inovasi, karena kemajuan pertumbuhan bergantung pada inovasi,” tegas Prof. Dr. Garuda Wiko.

Ketua Pusat HKI UNTAN, Dr. Ir. Yohana, S.K Dewi MP, menyampaikan bahwa penyusunan permohonan dan memenuhi syarat-syarat yang ditentukan berhasil menyelesaikan 15 pengajuan, melampaui target awal 13 pengajuan. “Drafting diluar dugaan UNTAN mampu menyelesaikan 15 drafter, kami berharap semua bisa diberikan sertifikat HKI,” ucapnya dengan penuh semangat.

Pemberian sertifikat HKI ini diharapkan tidak hanya menjadi penghargaan atas kerja keras para peneliti, tetapi juga mendorong pertumbuhan ekosistem inovasi di Kalimantan Barat, membuka pintu bagi lebih banyak penelitian dan temuan berharga di masa depan.