Sabtu, 27 April 2024
Perguruan Tinggi

AL Prodi MPI: Asesmen, Pembinaan Untuk Tingkatkan Daya Saing

AL Prodi MPI: Asesmen, Pembinaan Untuk Tingkatkan Daya Saing

(iainfmpapua.ac.id) – Prinsip utama dalam Asesmen Lapangan (AL) adalah memberikan pembinaan, untuk meningkatkan daya saing program studi. Asesor LAMDIK Dr. St Syamsudduha, M.Pd menyampaikan hal ini pada pembukaan Asesmen Lapangan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua, di Aula Kampus, 27 Maret 2024.

“Tugas tim AL adalah memberikan pembinaan untuk mengkonfirmasi apakah dokumen yang dikirim sebelumnya sudah valid,” ujarnya. Ia menegaskan bahwa proses AL bukanlah untuk memberi penilaian akhir. Menurutnya, pembinaan dalam proses AL tersebut dimaksudkan untuk peningkatan kualitas dan mutu. “Fokus untuk meningkatkan mutu lembaga pendidikan agar semakin meningkat dan punya daya saing,” imbuhnya. Pihaknya juga mengapresiasi para pihak yang sudah menyusun format dokumen secara sistematis, teratur dan jelas. “Sehingga mempermudah pemilihan indikator-indikator yang dinilai,” ungkapnya. Pihaknya meminta kerjasama para stakeholder yang meliputi fakultas, kepala program studi, sekretaris prodi dan lainnya agar mempersiapkan proses AL sesuai dengan yang sudah diagendakan.

Dalam sambutan sebelumnya, Rektor IAIN Fattahul Muluk Papua, Dr. H. Marwan Sileuw, S.Ag, M.Pd berharap bahwa asesmen lapangan ini dapat mencapai hasil terbaik. “Dengan pembinaan yang diberikan oleh asesor, harapannya dapat memberikan motivasi pada program studi agar bisa terus memperbaiki kualitas ke depannya,” ungkapnya.

Pembukaan kegiatan ini dihadiri oleh para pejabat, dosen dan mahasiswa di lingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Fattahul Muluk Papua. Kegiatan yang juga menghadirkan asesor Prof. H. Nur Kholis, M.Ed. Admin., Ph.D ini diselenggarakan selama 2 hari, tanggal 27-28 Maret 2024.  (Za/Is/Her/)