Selasa, 30 April 2024
Perguruan Tinggi

Cinema Sutha adakan Buka Bersama dan Berbagi Bersama Panti Asuhan

Cinema Sutha adakan Buka Bersama dan Berbagi Bersama Panti Asuhan

HUMAS UIN SUTHA – Cinema SUTHA salah satu kelompok mahasiswa binaan Unit Pengembangan Kewirausahaan dan Karier yang bergerak dalam bidang dokumentasi, media, dan juga perfilman. Bukan hanya fokus dengan pengembangan bakat, mereka juga ikut bergerak dalam kegiatan sosial,  Hal ini dapat dilihat dari keterlibatan mereka dalam beberapa kegiatan sosial kemasyarakatan bahkan peran keperempuanan (4/04/2024).

 

Salah satu bentuk kegiatan sosial yang mereka lakukan bertajuk CINERGI, yang merupakan akronim dari Cinema Berbagi. Kegiatan ini merupakan sebuah aktivitas rutin yang mereka jalankan selama 4 tahun belakang.

Dalam bulan yang suci ini, Cinema mengadakan kegiatan dengan tujuan berbagi kepada sesama, terutama anak yatim/piatu yang ada di Panti Asuhan Hikmah Fajar, Kota Jambi.

“Motivasi kami berbagi ini, ya karena di bulan ramadan ini kami ingin berbagi kebahagiaan kepada adik-adik kita yang merupakan anak yatim/piatu yang tinggal di panti asuhan” jelas Bill Choir selaku Ketua  Cinema Sutha.

 

Kegiatan Cinergi ini sudah ada sejak tahun lalu, anggota organisasi berbagi di jalanan ketika bulan puasa.

“Tahun lalu, kegiatan cinergi ini dilakukan di jalanan. Berbagi kepada orang yang ada di jalan. Sedangkan tahun ini di panti asuhan, karena memikirkan efisiensi waktu, karena di mana jalanan di bulan puasa macet dan khawatir terjadi sesuatu yang membahayakan bagi anggota dan pengguna jalan lainnya,” ungkapnya.

Berbagi ini, tentu saja memerlukan dana. Untuk pengumpulan dana, berasal dari anggota cinema sendiri, dan membuka donasi bagi siapapun yang mau berbagi.

 

Dalam kegiatan berbagi di panti asuhan, Cinema menyumbangkan berbagai macam baju bekas yang layak dipakai, tak hanya itu mereka juga memberikan sembako yang tentu diperlukan oleh pihak panti asuhan. Seperti beras, minyak, dan kebutuhan pokok lainnya.

 

“Senang bisa berbagi seperti ini kepada mereka yang membutuhkan, apalagi dalam bulan puasa. Melihat wajah mereka yang menerima sangat senang, aura positif juga menular kepada kami yang memberikan,” ungkap Ketua Cinema.

 

Kegiatan ini juga turut dihadiri oleh Mardalina, S.Ag., M.Ud selaku pembina Cinema Sutha sekaligus Kepala UPKK UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. Kegiatan ini merupakan salah satu cara bagi para anggota cinema untuk menyemarakkan bulan suci ramadhan dengan kegiatan positif dan menjadi amal ibadah yang mudah-mudahan menjadi pahala bagi semua.

 

Kegiatan positif ini tentu juga salah satu cara bagi adik-adik mahasiswa binaan UPKK untuk tidak hanya berfokus pada apa yang mereka tekuni, namun juga kita harapkan bisa menimbulkan kecerdasan emosional dan kepedulian terhadap sesama, sebagaimana yang diharapkan oleh Rektor UIN SUTHA Jambi, ucap Kepala UPKK.

 

Disadur dari tulisan: Nurdiana Wanti