Selasa, 30 April 2024
Perguruan Tinggi

Dr. Bambang Terpilih Sebagai Dekan FAPERTA UNJA 2024-2028, Ini 5 Misinya

Dr. Bambang Terpilih Sebagai Dekan FAPERTA UNJA 2024-2028, Ini 5 Misinya

Pewarta: Silvia Yuliansari / Wulan P.S.
Foto: ist*

Editor: Mochammad Farisi
Copyright © HUMAS UNJA 2024

Mendalo,- Dr. Forst Bambang Irawan, S.P., M.Sc. IPU terpilih sebagai Dekan Fakultas Pertanian (FAPERTA) Universitas Jambi (UNJA) periode 2024-2028. Hasil tersebut didapat pada Sidang Senat Tertutup FAPERTA dengan menggunakan metode pemilihan langsung yang digelar di Ruang Rapat Senat FAPERTA (04/04/24).

Ketua Panitia Pemilihan Dekan FAPERTA, Prof. Dr. Ir. Budiyati Ichwan, M.S., menyampaikan bahwa tujuan dari pemilihan Dekan baru ini adalah menggantikan masa aktif Dekan sebelumnya yang akan berakhir pada 17 April 2024.

Proses pemilihan tersebut melibatkan tiga tahapan, yakni penjaringan bakal calon dekan, penyaringan calon dekan, dan pemilihan dekan. Dari empat bakal calon Dekan, Dr. Forst Bambang Irawan, S.P., M.Sc. IPU dan Dr. Fuad Muchlis, S.P., M.Si berhasil melalui penyaringan dan menjadi dua calon terpilih.

Dr. Forst Bambang Irawan, S.P., M.Sc. IPU meraih dukungan sebanyak 23 suara dari total 28 suara sehingga resmi terpilih sebagai Dekan FAPERTA.

Dekan terpilih, Dr. Bambang Irawan menyampaikan visinya selama menjabat sebagai Dekan FAPERTA UNJA periode 2024-2028.

“Melanjutkan visi Dekan sebelumnya dan berfokus untuk menjadi lembaga pendidikan yang sejalan dengan visi Universitas Jambi, yaitu menghasilkan SDM berkualitas dan berjiwa enterpreneur,” ujar Dr. Bambang.

Dr. Bambang Irawan juga menjelaskan langkah-langkah yang akan dilakukan ke depannya, yaitu Memperbaiki tata kelola administrasi FAPERTA agar lebih transparan, mudah, serta memberikan otonomi pada jurusan untuk mengelola keuangan di akademik kemudian Meningkatkan SDM enterpreneur sebagai indikator kecapaian, kemudian mengundang trainer pelatihan secara langsung.

Dr. Bambang Irawan juga menambahkan ingin meningkatkan kompetensi lulusan melalui penerapan MBKM, PjBL, pembimbingan, dan support pendanaan. Serta mengadakan fast track masa studi, kemudian Pendampingan terhadap penelitian untuk mencapai target 1 tahun 50 publikasi artikel terakreditasi internasional dan Penambahan tenaga laboratorium dan dosen, serta mengembangkan fasilitas jenjang kerja dosen.

Selanjutnya, Dr. Bambang berharap langkah-langkah tersebut dapat membuat fakultas menjadi tempat yang nyaman dan produktif bagi mahasiswa dan staf dosen. Serta, menghasilkan produk untuk masyarakat dan fasilitas pelatihan terpenuhi.