Minggu, 19 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Transformasi Digital, UIN STS Jambi Kini Punya Aplikasi Sutha Collab

Transformasi Digital, UIN STS Jambi Kini Punya Aplikasi Sutha Collab

UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi (STS) Jambi terus melangkah maju dalam pengembangan teknologi informasi. Hal ini dibuktikan dengan penyerahan aplikasi terbaru, Sutha Collab, kepada Dr. Jamaluddin, M.Pd, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Senin (6/05).

Dr. Jamaluddin menyambut baik dan mengapresiasi kerja keras Unit Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (UTIPD) dalam mengembangkan aplikasi Sutha Collab.
“Kerjasama merupakan salah satu hal utama dalam kemajuan sebuah lembaga, terlebih UIN STS Jambi sebagai lembaga pendidikan, yang mana mahasiswanya juga ada yang berasal dari luar negeri. Dengan adanya aplikasi Sutha Collab, saya berharap data dan pelaporan dapat terkelola dengan baik,” ujar Dr. Jamaluddin di ruang rapat lantai III rektorat.

Dia menegaskan pentingnya pengelolaan data kerjasama baik di tingkat universitas maupun di fakultas. sebagai bagian dari rencana strategis UIN Jambi.
“Penyerahan ini diharapkan dapat membawa pengaruh positif dalam manajemen data dan pelaporan hasil kerjasama. Melalui aplikasi ini, semoga dapat memperkuat jaringan kerjasama dan meningkatkan kualitas kinerja universitas,” harapnya.

Sementara itu, Kepala UTIPD, Titin Agustin Nengsih, Ph.D, menjelaskan bahwa Sutha Collab merupakan sebuah inovasi baru yang dikembangkan untuk memudahkan pengelolaan dan pelaporan kerjasama di lingkungan UIN STS Jambi.”Saat ini baru rumah besar yang kita bangun, ke depannya fakultas juga harus mengisi kerjasama apa saja yang sudah dilakukan dan tindak lanjutnya ke dalam Sutha Collab,” ungkapnya.

Tim Kerjasama, Ali Ubaidah sekaligus operator Sutha Collab menyambut penyerahan aplikasi ini dengan antusias. Ali–sapaan akrabnya–mengakui pentingnya penambahan aplikasi teknologi informasi dalam mendukung proses pendataan dan pelaporan hasil kerjasama di UIN STS Jambi. “Selama ini, kerjasama hanya tersimpan melalui draf kerjasama yang discan, kemudian disimpan di excel dalam computer, sangat rentan kerusakan dan kehilangan data,” jelasnya.

Selain itu, seringkali fakultas melakukan Memorandum of Agreement (MoA) tanpa memberi data dan melaporkannya ke tim kerjasama, dengan demikian banyak kerjasama di fakultas yang tidak diketahui. Dengan penyerahan aplikasi Sutha Collab ini juga diharapkan dapat memperkuat kemitraan strategis antara universitas dengan stakeholder dan perjalanan UIN STS Jambi menuju visi dan misi unggul semakin dekat. (*)