Senin, 20 Mei 2024
Perguruan Tinggi

UTBK SNBT Tahun 2024 Gelombang I Berakhir Lancar dan Kondusif

UTBK SNBT Tahun 2024 Gelombang I Berakhir Lancar dan Kondusif

Serang,- Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berbasis Tes (UTBK-SNBT) di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) Gelombang I memasuki hari terakhir pada hari Selasa 7 Mei 2024. Ujian tersebut berlangsung sejak tanggal 30 April 2024 di enam lokasi berbeda, yaitu Kampus Untirta Sindangsari, Kampus Pakupatan, Kampus Kepandean, Kampus Cilegon, Kampus UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten Palima, dan Kampus Universitas Multimedia Nusantara (UMN) Tangerang.

Prof. Dr. -Ing. Ir. Asep Ridwan, selaku Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Umum yang tengah melakukan pemantauan di Kampus Pakupatan, mengatakan bahwa pelaksanaan ujian di hari terakhir berlangsung lancar. “Dari yang saya pantau sejak pagi, semua proses ujian berjalan dengan lancar. Orang tua peserta terlihat antusias mengantarkan anak-anak mereka sejak pagi. Fasilitas sudah disiapkan dengan baik dan diperiksa sebelum ujian dimulai,” ucap beliau. Beliau juga menambahkan bahwa persiapan sebelum pelaksanaan ujian oleh tim UTBK telah sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP). Beberapa saran perbaikan seperti peningkatan sarana dan prasarana akan menjadi bahan evaluasi untuk UTBK selanjutnya. Terakhir, beliau mengucapkan terima kasih kepada seluruh tim yang bertugas sehingga pelaksanaan ujian dapat berjalan lancar, tertib, dan kondusif.

Pada hari yang sama, Dr. dr. Omat Rachmat, Dekan FKIK, juga melakukan pemantauan di Kampus Untirta Sindangsari dan menyampaikan hal serupa. “Fasilitas dan kenyamanan ruangan sudah sangat baik. Untuk mencegah kecurangan, setiap meja dilengkapi dengan sekat pembatas,” ucap beliau. Beliau juga menyampaikan bahwa pada hari terakhir terdapat peserta penyandang disabilitas. “Untirta telah menyediakan akses yang ramah bagi penyandang disabilitas menuju ruang ujian, dan koneksi internet selama ujian berlangsung lancar,” tambahnya. Beliau berharap kelancaran proses UTBK dapat terus dipertahankan untuk tes ujian masuk selanjutnya. (PPVA/AAP)