Senin, 20 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Laksanakan Kerja Praktik, Mahasiswa UAD Teliti Air Layak Minum di Kutai Timur

Laksanakan Kerja Praktik, Mahasiswa UAD Teliti Air Layak Minum di Kutai Timur

Mahasiswa UAD lakukan pengecekan air layak minum di PDAM Tirta Benuah Kutai Timur (Dok. Istimewa)

Mahasiswa S-1 Program Studi Biologi Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Uswatun Hasanah, melakukan kerja praktik di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Benuah Kutai Timur, Jl. Kabo Jaya, Swarga Bara, Kecamatan Sangatta Utara, Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui air layak minum yang beredar di pasaran dan yang sesuai dengan baku mutu air. Kegiatan yang dilakukan oleh Uswa yaitu melakukan pengukuran pada air minum berdasarkan parameter fisika dan kimia. 

Selama menjalankan kerja praktik, aspek utama yang dilakukan saat pengecekan air layak minum yaitu pemeriksaan fisikanya yang meliputi warna, bau, kekeruhan, dan suhu. Sedangkan pemeriksaan kimia yang wajibnya meliputi pengecekan kandungan mangan, besi, chlor, alumunium, dan pH. Pengecekan kandungan air dapat dilakukan pengecekan harian, mingguan, dan bulanan untuk mengontrol kualitasnya.

Melakukan pengecekan air layak minum sangatlah penting untuk mencegah risiko terkena penyakit akibat konsumsi air yang tidak layak, karena di dalam air masih banyak kandungan senyawa kimia berbahaya, mikroorganisme, dan kandungan lainnya yang dapat berdampak bagi tubuh. Air yang tidak layak minum dapat menyebabkan beragam penyakit, seperti cholera, tiphoid, diare, dysentery, giardiasis, gagal ginjal, maupun hepatitis A.

“Pengalaman yang saya dapat adalah, saya bisa mengetahui proses pengolahan air mentah menjadi air yang layak untuk dikonsumsi dan dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, saya juga mendapatkan pengalaman untuk menggunakan alat-alat laboratorium yang belum ada di laboratorium kampus,” ujar Uswa.

Kerja praktik sangat penting bagi mahasiswa. Selain untuk menambah ilmu dan pengetahuan, juga menambah pengalaman bagi mahasiswa untuk melakukan sesuatu yang belum pernah dilakukan di lingkungan kampus, mengasah keterampilan mahasiswa, dan memperluas koneksi mahasiswa. (Dilla)

uad.ac.id