Selasa, 25 Juni 2024
Perguruan Tinggi

UNTAN Selenggarakan Lomba Olahan Ikan Air Tawar Kaya Serat: Beragam Hidangan Lezat Disajikan

UNTAN Selenggarakan Lomba Olahan Ikan Air Tawar Kaya Serat: Beragam Hidangan Lezat Disajikan

Pontianak, 31 Mei 2024 – Universitas Tanjungpura (UNTAN) menggelar lomba masakan olahan ikan air tawar dalam rangka Dies Natalis UNTAN ke-65 di Gedung Perpustakaan Pusat UNTAN. Beragam hidangan lezat tersaji di masing-masing meja peserta yang mengikuti lomba ini.

Para peserta dengan antusias menyajikan masakan mereka dengan tampilan yang menarik dan rapi. Para juri berkeliling untuk melihat dan menilai setiap sajian yang ada di meja masing-masing peserta. Lomba kuliner diprakarsai oleh Dharma Wanita Persatuan (DWP) UNTAN dengan koordinator lomba dari Prodi Ilmu dan Teknologi Pangan Fakultas Pertanian UNTAN, dengan Dr. Maherawati, S.TP, MP, dan Lucky Hartanti, S.TP, MP.

“Lomba memasak ikan air tawar ini bertujuan untuk membuat snack atau lauk berbasis ikan air tawar yang dikombinasi dengan sayur atau buah untuk menambah serat,” ungkap Dr. Maherawati.

Pemenang lomba “Olahan Ikan Kaya Serat” adalah sebagai berikut:

Juara 1: Fakultas Teknik (Tursina dkk) dengan nilai 1053; masakan yang disajikan adalah Rujak Nila Crispy, Sup Pangsit Ikan Nila, dan Fish Triangle Violet.

Juara 2: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (Maria Christina dkk) dengan nilai 1035; masakan yang disajikan adalah Burgerikan.

Juara 3: Fakultas Kehutanan (Rosita Sofwan dkk) dengan nilai 1016; masakan yang disajikan adalah Gadon dan Perkedal Ikan Gabus.

Juara harapan juga diumumkan dalam lomba ini:

Juara Harapan 1: Fakultas Pertanian (Aida Tasyrifa dkk) dengan nilai 990; masakan yang disajikan adalah Wonton Kecombrang.

Juara Harapan 2: Fakultas Pertanian (Ilham Fikri dkk) dengan nilai 971; masakan yang disajikan adalah Silabus Nusantara.

Juara Harapan 3: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (Supriantini dkk) dengan nilai 966; masakan yang disajikan adalah Pepes Ikan Nila.

Acara ini tidak hanya memeriahkan Dies Natalis UNTAN ke-65, tetapi juga menginspirasi kreativitas dalam pengolahan ikan air tawar menjadi hidangan kaya serat yang lezat dan sehat.