Selasa, 25 Juni 2024
Perguruan Tinggi

Yunita Erniajan, Mawapres Untan yang Raih Juara I Nasional Lomba Essay Djarum Foundation

Yunita Erniajan, Mawapres Untan yang Raih Juara I Nasional Lomba Essay Djarum Foundation

PONTIANAK – Yunita Erniajan, Mahasiswa Angkatan 2021 Program Studi Rekayasa Sistem Komputer FMIPA Universitas Tanjungpura berhasil meraih Juara I Nasional pada Lomba Essay yang diselenggarakan oleh Djarum Foundation di Bali, pada 16-19 Mei 2024 lalu.

Peserta dari kompetisi ini adalah calon penerima Djarum Beasiswa Plus dari seluruh Indonesia yang berjumlah lebih dari 500 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi. Kompetisi ini meliputi 3 tahapan seleksi, yaitu seleksi pertama tingkat regional untuk mendapatkan 10 kandidat, dilanjutkan seleksi kedua secara offline untuk mendapatkan 3 kandidat yang akan melaju ke tahap kompetisi di tingkat nasional. Sebelum berkompetisi di tingkat nasional, Yunita berhasil meraih juara 1 di tingkat regional. “Pada Tingkat Nasional saya berkompetisi bersama 11 orang lainnya yang telah melewati seleksi tahapan sebelumnya”, terang Yunita.

Yunita yang juga peraih Juara 1 pada ajang Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Untan tahun 2024 itu menulis esai dengan tema tentang isu hoarding disorder, yaitu gangguan kesehatan mental yang membuat penderita gemar menimbun barang-barang, bahkan yang tidak berguna. “Persiapan saya dimulai dari pembentukan ide dan kemudian pembekalan metode penulisan yang diadakan oleh Djarum Beasiswa Plus, lalu revisi kembali pada essay dan PPT sebelum mengikuti kompetisi pada tingkat nasional”, jelasnya.

Yunita Erniajan (tiga dari kanan) berfoto dengan Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Achmadi, M.Si (tiga dari kiri), bersama Kaprodi dan Alumni Beswan Djarum di Pontianak

Selama persiapan, ia mengaku sangat terbantu atas pendampingan yang diberikan oleh alumni peraih Beasiswa Djarum Foundation (Beswan) yang saat ini menjadi dosen di Universitas Tanjungpura. “Dalam hal ini pada proses latihan saya difasilitasi oleh Djarum Beasiswa Plus Pontianak, dan dibimbing oleh dua alumni Beswan Djarum Pontianak yang 14 tahun lalu menjadi juara pada kompetisi yang sama”, akunya.

Ia menambahkan sangat bersyukur atas capaian prestasi ini sekaligus menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi, baik dari Universitas Tanjungpura, alumni Beswan Djarum di Pontianak, serta pihak lainnya. Saya sangat bersyukur dan berterima kasih pada seluruh pihak yang telah membantu saya dalam seluruh proses ini,”, unggap Yunita.

Poster Yunita Erniajan sebagai Juara I Nasional Lomba Esai Djarum Foundation. Sumber: IG @djarumbeasiswaplus

Pada kesempatan lain, Ikhwan Ruslianto, M.Cs., Ketua Prodi Rekayasa Sistem Komputer mengaku sangat bangga atas prestasi salah satu mahasiswanya tersebut. Menurutnya, prestasi ini sekaligus menjadi bukti bahwa mahasiswa Untan mampu bersaing dan unggul berkompetisi di tingkat nasional.

“Saya merasa sangat bangga dan gembira atas prestasi yang telah diraih oleh Yunita Erniajan dalam Essay Competition Djarum Nasional sebagai juara pertama. Kemenangan ini menunjukkan bahwa mahasiswa kita mampu bersaing dan unggul dalam berbagai bidang, termasuk di kompetisi akademik tingkat nasional”, ungkap Ikhwan. Ia pun berharap bahwa prestasi ini akan menjadi inspirasi mahasiswa lain sesuai dengan potensi prestasi masing-masing. “Saya berharap prestasi ini dapat menjadi inspirasi bagi mahasiswa lain untuk terus berusaha mencapai yang terbaik dan menggali potensi mereka. Terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung Yunita dalam perjalanannya”, pungkasnya. /Asn