Rabu, 26 Juni 2024
Sekolah Menengah Atas

Penelitihan Pengendalian Berat Badan Lebih dan Obesitas Remaja di SMA Muhiska

Siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Surakarta mengikuti kegiatan penelitihan disertasi mahasiswa Program studi S3 Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas kedokteran UNS, dr. Amelya Augusthina Ayusari. Kegiatan dilaksanakan Kamis, 30 Mei 2024.

Dengan judul desertasi ”Intervensi Model Promosi Kesehatan Terintegrasi Berbasis Sekolah terhadap Pengendalian Berat Badan Lebih dan Obesitas Remaja di Surakarta (Pengembangan Teori Pender)”. Penelitihan akan dilaksanan mulai Mei sampai September 2024. Dalam penelitihan di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta beliau dibantu 8 mahasiswa Fakultas Kedokteran UNS.

Humas SMA Muhammadiyah 1 Surakarta, Dra. Willys Sari Listiyani, M.Pd., mendoakan ”Semoga penelitihan tersebut dapat berjalan dengan lancar dan siswa SMA Muhammadiyah 1 Surakarta sehat semua”.

Kegiatan penelitihan akan melibatkan seluruh siswa kelas X sejumlah  160 siswa. Dari seluruh siswa kelas X tersebut yang akan menjadi objek/subjek penelitihan adalah mereka yang memiliki berat badan lebih dan obesitas.

Langkah awal mendata siswa dengan mencatat tinggi dan berat badan hari hasil pencatatan tersebut nantinya akan dijadikan patokan untuk langkah selanjutnya. Dengan cara menghubungi secara pribadi dari masing-masing anak. Terutama dengan anak yang masuk katagori obesitas.

Obesitas adalah akumulasi lemak abnormal yang dapat mengganggu kesehatan. Jika kegemukan terjadi pada masa balita kemungkinan besar kegemukan akan menetap sampai dewasa. Obesitas atau kelebihan berat badan dapat menyebabkan efek negatif untuk kesehatan.

Obesitas mempunyai dampak terhadap tumbuh kembang anak, terutama aspek perkembangan psikososial. Anak obesitas berpotensi mengalami berbagai penyakit yang menyebabkan kematian antara lain penyakit kardiovaskular, diabetes melitus, dan lain-lain. Kegemukan pada masa anak-anak juga menimbulkan konsekuensi psikososial jangka pendek dan jangka panjang seperti penurunan kepercayaan diri, gangguan makan, dan Kesehatan.

Mengingat banyak resiko yang muncul akibat obesitas maka siswa perlu menyadarinya sejak remaja sehingga perlu pengendalian berat badan berlebih.